Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
UNTUK NEGERI

Tak Hanya Masuk Final Four, Jakarta BIN Berhasil Taklukkan Juara Klasemen

Kompas.com - 19/02/2023, 18:33 WIB
Aningtias Jatmika,
Sheila Respati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tim voli putri Jakarta BIN berhasil menaklukan juara putaran pertama, Jakarta Pertamina Fastron, dengan skor 3-2 (25-21, 20-25, 16-25, 25-20, 15-9) pada ajang Proliga 2023. Pertandingan pada putaran kedua dan minggu ketiga ini berlangsung di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta, Jumat (17/2/2023).

Dengan raihan 18 poin di klasemen sementara, Jakarta BIN dapat melangkah ke babak Final Four dengan percaya diri.

Adapun pada laga tersebut, Jakarta BIN memimpin sejak set pertama pertandingan dengan skor 25-21. Pemain Jakarta BIN asal China, Peiyan Chen, berhasil menguasai permainan hingga membuat Jakarta Pertamina Fastron tidak berkutik.

Namun, situasi sempat berbalik pada set kedua dan ketiga. Rotasi pemain membuat tim ini gagal membendung serangan dari Jakarta Pertamina Fastron. Pertandingan pun berakhir dengan skor 20-25 dan 16-25.

Baca juga: Puncaki Klasemen, Jakarta STIN BIN Lolos ke Final Four Proliga 2023

Beruntung, pada set keempat dan kelima, Jakarta BIN kembali menguasai permainan. Skor pun berbalik menjadi 25-20 dan 15-9. Dengan raihan ini, Jakarta BIN dipastikan siap berjuang pada Final Four.

Pelatih Jakarta BIN, Octavian, mengatakan bahwa laga tersebut bertujuan melatih mental bertanding tim. Meski sempat mengalami kekalahan pada beberapa set, Octavian optimistis bahwa timnya bisa mempersembahkan kemenangan pada Final Four.

“Pada Final Tour, kami juga akan melakukan banyak rotasi seperti ini. Alhamdulillah, rotasi ini berjalan lancar. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri tim untuk menghadapi Final Four,” ujar Octavian dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (19/2/2023).

Sebagai pelatih debutan tim baru, Octavian memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada Jakarta BIN untuk mencatatkan sejarah kemenangan.

“(Hasil pertandingan tersebut) menjadi acuan untuk kami. Kami ingin memiliki prestasi. Kami yakin, anak-anak bisa on fire semua pada Final Tour," ujar Octavian.

Baca juga: Debut di Proliga 2023, Jakarta STIN BIN dan Jakarta BIN Boyong Atlet Voli Andal

Sementara itu, outside hitter Jakarta BIN, Aulia Suci Nurfadila, mengakui bahwa timnya sempat mengalami kendala saat bertanding melawan Jakarta Pertamina Fastron, terlebih ketika Peiyan Chen diistirahatkan pada pertengahan set.

Hal tersebut membuat irama permainan berubah drastis. Tim pun merasa kewalahan. Meski demikian, pengalaman itu membuat timnya belajar untuk mengatasi kekurangan secara cepat.

"Alhamdulillah, (pertandingan berjalan dengan) baik walaupun ada sedikit kendala. Mungkin tadi Peiyan Chen sedang kurang fit, jadi permainannya menurun. Semoga permainan kami lebih baik dan bisa menjadi juara,” kata Aulia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com