Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grand Final Basketball Championships 2022, 6 Tim Terbaik Berebut Piala Kemenpora

Kompas.com - 30/08/2022, 13:35 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Turnamen bola basket antar-SMA/sederajat Red Bull Basketball Championships 2022 telah memasuki grand final setelah menggelar babak regional di enam kota.

Adapun keenam kota yang dimaksud adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Pekanbaru.

Setiap tim terbaik dari keenam kota tersebut kemudian dibawa ke Jakarta untuk bertanding memperebutkan Piala Kemenpora pada grand final Red Bull Basketball Championships 2022 yang akan berlangsung di GOR Bulungan, Jakarta, 10-11 September 2022.

GOR Bulungan bakal menjadi saksi dari lahirnya juara perdana dalam ajang Red Bull Basketball Championships 2022.

Baca juga: Hasil Final IBL 2022: Satria Muda Juara Back to Back Usai Menang atas Pelita Jaya

Chief Marketing Officer PT Asia Health Energi Beverages, Ricky Suhendar, berharap ajang Red Bull Basketball Championships 2022 tak hanya melahirkan jawara basket di tingkat SMA/sederajat, tetapi juga calon bintang nasional.

"Ajang ini diharapkan bisa menciptakan bintang-bintang basket baru di masa depan, karena kami juga bekerjasama dengan Perbasi dan Kemenpora untuk melihat masa depan basket ke depan," kata Ricky Suhendar dalam konferensi pers di Hotel Century, Jakart, Selasa (30/8/2022).

"Kami ingin memberikan kesempatan kepada para pemain muda melalui ajang ini untuk terus berusaha sekuat tenaga mencapai prestasi terbaik," imbuhnya.

Seperti yang dikatan oleh Ricky Suhendar, ajang Red Bull Basketball Championships turut didukung oleh Perbasi selaku induk bola basket Indonesaia dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Baca juga: Satria Muda Juara IBL 2022, Trofi Hasil Bermain dengan Hati

Deputi 3 Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Dr. Raden Isnanta M.Pd mengatakan bahwa Red Bull Championships 2022 bisa menyemarakkan momentum perkembangan bola basket Indonesia setelah raihan medali emas di SEA Games Vietnam.

Selain itu, Grand Final Red Bull Basketball Championships 2022 juga bisa meramaikan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September mendatang.

"Menarik karena grand final digelar tanggal 10 September. Berdekatan dengan itu ada momentum besar namanya Hari Olahraga Nasional tanggal 9 September," ujar Raden Isnanta.

"Anggap saja ini menjadi bagian dari memperingati puncak acara Haornas. Itu hari di mana kita membulatkan tekad untuk majunya olahraga. Diawali dari era sebelum merdeka, melalui PON, kemudian terus berkembang," tutur Raden Isnanta menjelskan.

Baca juga: Keberhasilan Meraih WTP Menambah Optimisme terhadap Kinerja Kemenpora

Sebelum ini, Red Bull Basketball Championships 2022 telah digelar di 6 kota, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, dan Pekanbaru. 

Pergelaran Red Bull Basketball Championships 2022 di keenam kota tersebut telah melahirkan masing-masing juara. 

Di Jakarta, lahir SMA Negeri 116 sebagai kampiun. Lalu, menyusul SMA Trinitas Bandung selaku juara seri Bandung. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com