Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uniknya Relawan di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Kompas.com - 14/01/2022, 20:12 WIB
Josephus Primus

Penulis

Sumber Xinhuanet

BEIJING, KOMPAS.com - Ada sekitar 19.000 sukarelawan yang disiapkan Bocog, penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Uniknya, para relawan itu tidak selalu tinggal di gelembung.

Sementara, selain relawan, para penghuni wajib tinggal di gelembung hingga penugasan yang bersangkutan habis masa waktunya.

Pengunjung menikmati tabung salju di Taman Yuanmingyuan di Beijing, China, (30/12/2021). Istana Musim Panas Lama, atau Yuanmingyuan, mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka akan mengadakan festival es dan salju yang dibuka sekitar hari Tahun Baru pada tahun 2022 dan berlangsung hingga Februari untuk menyambut Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022XINHUA/LUO XIAOGUANG Pengunjung menikmati tabung salju di Taman Yuanmingyuan di Beijing, China, (30/12/2021). Istana Musim Panas Lama, atau Yuanmingyuan, mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka akan mengadakan festival es dan salju yang dibuka sekitar hari Tahun Baru pada tahun 2022 dan berlangsung hingga Februari untuk menyambut Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Baca juga: 72 Hotel Ada di Gelembung Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

China memprediksikan akan hadir 10.000 orang dari media.

Meski belum ada informasi resmi pada Kamis (13/1/2022), mengenai jumlah penghuni gelembung pada perhelatan Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpik Beijing 2022, China sudah membuat prediksi jumlah atlet.

Namun demikian, akan ada 3.000 atlet berpartisipasi ada pergelaran pesta olahraga terbesar itu.

China juga melibatkan tentaranya sebagai staf bantuan kekuatan di bidang penerjemah, petugas kebersihan, staf hotel, dan pengemudi.

Anggota staf menyiapkan kereta luncur di danau beku di Taman Yuanmingyuan di Beijing, China, (30/12/2021). Istana Musim Panas Lama, atau Yuanmingyuan, mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka akan mengadakan festival es dan salju yang dibuka sekitar hari Tahun Baru pada tahun 2022 dan berlangsung hingga Februari untuk menyambut Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. (Xinhua/Luo Xiaoguang)XINHUA/LUO XIAOGUANG Anggota staf menyiapkan kereta luncur di danau beku di Taman Yuanmingyuan di Beijing, China, (30/12/2021). Istana Musim Panas Lama, atau Yuanmingyuan, mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka akan mengadakan festival es dan salju yang dibuka sekitar hari Tahun Baru pada tahun 2022 dan berlangsung hingga Februari untuk menyambut Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. (Xinhua/Luo Xiaoguang)

Selain itu, di dalam gelembung tersedia 72 hotel.

Ada juga 4.000 kendaraan dengan desain khusus untuk alat transportasi di seluruh gelembung.

Bandara

 Pengunjung bermain di dalam balon udara di lapangan salju di Taman Yuanmingyuan di Beijing, China, (30/12/2021).  Istana Musim Panas Lama, atau Yuanmingyuan, mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka akan mengadakan festival es dan salju yang dibuka sekitar hari Tahun Baru pada tahun 2022 dan berlangsung hingga Februari untuk menyambut Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.XINHUA/LUO XIAOGUANG Pengunjung bermain di dalam balon udara di lapangan salju di Taman Yuanmingyuan di Beijing, China, (30/12/2021). Istana Musim Panas Lama, atau Yuanmingyuan, mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka akan mengadakan festival es dan salju yang dibuka sekitar hari Tahun Baru pada tahun 2022 dan berlangsung hingga Februari untuk menyambut Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Setiba di bandara Beijing, protokol kesehatan sudah diterapkan bagi pendatang dari luar negeri.

Para pendatang ini langsung diberangkatkan ke kawasan gelembung.

Mereka wajib tinggal di gelembung itu sepanjang perhelatan Olimpiade Beijing maupun Paralimpik Beijing sepanjang waktu berpartisipasi.

Bocog juga menyebut ada perbedaan antara sistem gelembung pada Olimpiade Tokyo 2020 dengan Olimpiade Beijing tersebut.

Beijing Daxing International Airportaerotime.aero Beijing Daxing International Airport

Pada Olimpiade Tokyo 2020, setelah tinggal selama dua minggu, penghuni gelembung diperkenankan punya kesempatan keluar kawasan tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com