Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Harga Trofi Piala Afrika?

Kompas.com - 13/01/2022, 20:20 WIB
Kevin Topan Kristianto

Penulis

KOMPAS.com - Piala Afrika atau Africa Cup of Nations (AFCON) 2021 tengah berlangsung di Kamerun.

Turnamen negara-negara Benua Afrika itu secara resmi dimulai pada 9 Januari 2022 dan partai final dijadwalkan bakal digelar di Stadion Olembe, 6 Februari 2022, mendatang.

Sebanyak 24 negara bersaing untuk memperebutkan trofi Piala Afrika di tengah pandemi virus corona varian Omicron melalui deretan pertandingan hingga final.

Berbicara soal trofi Africa Cup, sejak turnamen dimulai pada tahun 1957, model dari trofi Piala Afrika telah mengalami perubahan hingga sebanyak tiga kali, seperti dikutip dari Britannica.com.

Baca juga: Top Skor Piala Afrika Sepanjang Masa

Trofi pertama ajang Piala Afrika bernama trofi Abdel Aziz Abdallah Salem yang menyerupai Piala Liga Inggris.

Nama trofi tersebut diambil dari nama mantan presiden Asoasiasi Sepak Bola Afrika (CAF) asal Mesir, Abdel Aziz Abdallah Salem. Trofi model berbahan dasar perak ini pertama digunakan hingga tahun 1978.

Selanjutnya model trofi Piala Afrika kedua berbentuk silinder dengan gambar Benua Afrika dan cincin Olimpiade di bagian depan.

Trofi tersebut bernama African Unity yang diberikan kepada sang juara dari tahun 1980 hingga 2000. Sama seperti trofi model pertama, trofi African Unity juga dibuat dari bahan perak.

Adapun trofi Piala Afrika saat ini merupakan model pada tahun 2001 lalu.

Baca juga: 3 Pelatih dengan Raihan Gelar Piala Afrika Terbanyak

Trofi Piala Afrika.GIUSEPPE CACACE Trofi Piala Afrika.
Berbeda dengan dua model trofi Piala Afrika sebelumnya, trofi Africa Cup of Nations ini berlapiskan emas.

Bentuk trofinya terlihat menyerupai Piala Dunia FIFA. Namun, bedanya bagian atas trofi Piala Afrika ini hanya menampilkan separuh bagian bumi yang berbentuk bulat dengan dikelilingi bola-bola kecil.

Lantas berapa harga trofi Piala Afrika model ketiga ini?

Seperti dilansir dari laman Sportskeeda, memiliki harga senilai 127 ribu euro atau sekitar Rp 2,08 miliar jika mengacu pada kurs ketika artikel ini diterbitkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com