Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Philip Roller: Pembawa Petaka bagi Indonesia di Leg 1 Final Piala AFF

Kompas.com - 29/12/2021, 21:59 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Supachok Sarachat boleh saja menjadi pemain terbaik laga Indonesia vs Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2020. Namun, kontribusi luar biasa Philip Roller juga menjadi kunci kemenangan Gajah Perang.

Duel timnas Indonesia vs Thailand tersaji pada leg pertama final Piala AFF 2020.

Laga Indonesia vs Thailand tersebut dilangsungkan di National Stadium, Singapura, pada Rabu (29/12/2021) malam WIB.

Adapun, dua leg final Piala AFF 2020 digelar secara terpusat di Singapura dengan tidak menganut sistem gol tandang.

Tampil mendominasi sepanjang laga, Thailand sukses menaklukkan timnas Indonesia dengan skor telak 4-0.

Kapten tim sekaligus bintang utama Thailand, Chanathip Songkrasin, memborong dua gol masing-masing pada menit ke-2 dan 52.

Baca juga: Hasil Timnas Indonesia Vs Thailand: Garuda Tak Berkutik dan Takluk 0-4

Dua gol Gajah Perang, julukan timnas Thailand, lainnya dibukukan oleh Supachok Sarachat (menit ke-67) dan Bordin Phala (83').

Hasil leg pertama final Piala AFF 2020 ini membuat Thailand berada di atas angin. Sebab, anak asuh Alexandre Polking kini memiliki keunggulan empat gol tanpa balas atas Indonesia.

Awal Pesta Gol Thailand Dikreasi oleh Philip Roller

Thailand unggul cepat ketika melawan Indonesia pada leg pertama final Piala AFF 2020.

Pertandingan di National Stadium baru bergulir dua menit, Gajah Perang bisa mencetak gol lewat aksi Chanathip Songkrasin. Gol Chanathip ini tercipta berkat kerja keras Philip Roller.

Roller yang menusuk sisi kiri pertahanan Indonesia bisa melewati penjagaan tiga pemain sekaligus yakni Edo Febriansyah, Rachmat Irianto, dan Alfeandra Dewangga.

Bek kanan kelahiran Jerman itu kemudian mengirimkan umpan matang yang diselesaikan secara sempuran oleh Chanathip Songkrasin.

Baca juga: Jadwal Final Piala AFF, Leg 2 Thailand Vs Indonesia Akhir Pekan Ini

Setelah memberikan assist untuk gol pembuka Thailand yang dicetak oleh Chanathip Songkrasin, Philip Roller terus bermain agresif mencecar sektor kiri pertahanan Indonesia.

Kecepatan Roller benar-benar membuat lini belakang Garuda kerepotan.

Full-back berusia 27 tahun itu kembali menghadirkan petaka bagi Indonesia pada menit ke-67. Kali ini, umpan pemain klub Port FC itu dimanfaatkan Supachok Sarachat untuk mencetak gol ketiga bagi Thailand.

Pemain Thailand Chanathip Songkrasin (kedua kiri) melakukan selebrasi bersama rekan setimnya setelah mencetak gol ke gawang Indonesia pada pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam WIB. Timnas Indonesia takluk 0-4 dari Thailand pada laga leg pertama final Piala AFF 2020.AFP/ROSLAN RAHMAN Pemain Thailand Chanathip Songkrasin (kedua kiri) melakukan selebrasi bersama rekan setimnya setelah mencetak gol ke gawang Indonesia pada pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam WIB. Timnas Indonesia takluk 0-4 dari Thailand pada laga leg pertama final Piala AFF 2020.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com