Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sindiran Piala Kosong dan Bonus dari Kas Negara

Kompas.com - 06/12/2021, 05:00 WIB
Mochamad Sadheli

Penulis

KOMPAS.com - Trofi Piala Thomas kembali datang ke Tanah Air setelah menghilang selama 19 tahun lamanya.

Putra-putra terbaik bangsa susah payah mengembalikan marwah ke Indonesia melewati tantangan dari berbagai negeri.

Jonatan Christie, menjadi sosok penentu trofi Piala Thomas kembali ke Indonesia. Dia mengalahkan wakil China, Li Shi Feng.

Sebelumnya, dua wakil Indonesia lainnya sudah mengemas kemenangan. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie, menjadi penentu kemenangan dengan membuat skor Indonesia menang telak 3-0 atas China di partai puncak.

Baca juga: Kata Mantan Olimpian Indonesia soal Polemik Bonus Tim Piala Thomas

Beberapa minggu setelah kemenangan tersebut, trofi Piala Thomas tiba di Tanah Air, Jumat (5/11/2021). Sambutan hangat tentu turut mewarnai kedatangan jerih payah atlet Indonesia.

Presiden RI, Joko Widodo, belum sempat mengucapkan selamat kepada atlet secara langsung.

Sebagai gantinya, Jokowi hadir ke Bali menemui para atlet di Piala Thomas yang juga sedang berjuang dalam ajang BWF World Tour Finals, Kamis (2/12/2021).

Jokowi Ayun Raket dengan Jonatan Christie

Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, datang ke Bali saat itu dengan tujuan menyampaikan apresiasi kepada para atlet yang berjuang di Piala Thomas.

Baca juga: Alasan Pengusaha Beras Billy Haryanto Guyurkan Bonus untuk TIm Piala Thomas

Selain itu, dia menyempatkan diri bermain bulu tangkis dengan Jonatan Christie, Hendra Setiawan, dan Ketua Umum PBSI, Agung Firman Sampurna.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi, ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para atlet bulu tangkis kita, juga kepada PBSI yang telah membawa Piala Thomas, setelah 19 tahun keluar dari Indonesia," kata Presiden Jokowi dalam rilis PBSI.

"Ini adalah sebuah prestasi yang telah ditunggu-tunggu lama oleh seluruh rakyat Indonesia dan saya sekali lagi ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya untuk Piala Thomas, maupun untuk prestasi-prestasi yang lainnya," ujar Jokowi menambahkan.

Sindiran Jonatan Christie

Kendati Jokowi dan Jonatan Christie terlihat akrab saat ayun raket bersama, tetapi hal menarik diungkapkan Jojo melalui akun Instagram maupun Twitter pribadinya.

Baca juga: Menpora Pastikan Beri Bonus kepada Atlet Juara Piala Thomas, tapi Akan Perjelas Aturan

Jojo begitu vokal dengan pernyataan pemerintah yang tidak menyediakan bonus untuk juara Piala Thomas dengan alasan kejuaraan tersebut bukan multievent yang mendapat bonus apresiasi.

"Untuk single event itu tidak ada (bonus). Tetapi apabila ada single event yang dianggap penting, bergengsi dsb, itu saya akan minta arahan Bapak Presiden. Tapi untuk Piala Thomas dan Uber itu tidak ada yang menjanjikan," kata Menpora, Jumat (3/12/2021).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com