Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Sisi Lain PON XX Papua 2021

Kompas.com - 03/09/2021, 20:31 WIB
Josephus Primus

Penulis

Sumber FMB9

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar satu bulan sejak saat ini, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 akan berlangsung.

Menurut jadwal, pesta olahraga multicabang terbesar di Indonesia itu berlangsung pada 2-15 Oktober 2021.

PON Papua mempertandingkan 37 cabang olahraga.

Baca juga: Banyak Dukungan untuk PON XX Papua 2021

Ada empat klaster penyelenggaraan perhelatan itu yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Tangkapan layar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada diskusi virtual FMB9, Kamis (2/9/2021), bertajuk PON Gerakkan UMKM dan Wisata Papua.

FMB9 Tangkapan layar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada diskusi virtual FMB9, Kamis (2/9/2021), bertajuk PON Gerakkan UMKM dan Wisata Papua.

Berkenaan dengan hal itu, Menteri Pariwisaata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengemukakan pandangannya.

"Saya berharap PON Papua dapat membangkitkan sektor ekonomi pariwisata dan destinasi wisata khususnya di Papua," ucap Sandiaga Uno dalam diskusi virtual FMB9, Kamis (2/9/2021), bertajuk "PON Gerakkan UMKM dan Wisata Papua".

Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang juga selaku Ketua Umum PB PON Papua Sub Mimika, didampingi Wakil Bupati Johannes Rettob yang juga Wakil Ketua PB PON Papua Sub Mimika, dan Sekretaris PB PON Papua sub Mimika Cessar Avianto Tunya perkenalkan maskot PON XX, Jumat (13/12/2019)IRSUL PANCA ADITRA Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang juga selaku Ketua Umum PB PON Papua Sub Mimika, didampingi Wakil Bupati Johannes Rettob yang juga Wakil Ketua PB PON Papua Sub Mimika, dan Sekretaris PB PON Papua sub Mimika Cessar Avianto Tunya perkenalkan maskot PON XX, Jumat (13/12/2019)

Sandiaga membeberkan informasi bahwa dalam pengembangan wisata pihaknya mengandalkan peningkatan 3A.

A yang pertama adalah atraksi sebagai daya tarik utaa sebuah destinasi wisata.

Salah satu kendaraan gardu berjalan yang disiapkan PLN guna menunjang PON XX Papua di Klaster Mimika.Humas PLN Timika Salah satu kendaraan gardu berjalan yang disiapkan PLN guna menunjang PON XX Papua di Klaster Mimika.

A yang kedua adalah amenitas.

Amenitas artinya fasilitas pendukung sebuah destinasi wisata.

A yang ketiga adalah aksesibilitas yang berkaitan dengan akses wisatawan saat hendak bertandang ke sebuah destinasi wisata.

Poster Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021.DOK. Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021. Poster Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021.

Kementerian yang dipimpinnya, kata Sandiaga, sudah menggandeng para pemangku kepentingan melakukan pemberdayaan masyarakat, serta promosi pariwisata.

"Kami melakukan hal-hal itu di semua media milik Kemenparekraf," ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Kawasan sekitar venue PON XX Papua.Dok. Kementerian PUPR. Kawasan sekitar venue PON XX Papua.

Kemenparekraf mendukung PON XX Papua 2021 dalam bentuk kegiatan antara lain Festival Danau Sentani, Konser Musik Nyanyian Cendrawasih, Numbay Creative Festival, dan Festival Noken.

PON XX Papua 2021 sudah dipromosikan juga oleh Kemenparekraf melalui pelatihan sumber daya manusia (SDM) dengan pelatihan Bahasa Inggris secara daring.

Bus untuk PON XX PapuaBKIP Kemenhub Bus untuk PON XX Papua

Pada bagian lain, terang Sandiaga Uno, Pengurus Besar (PB) PON Bidang Sosial Budaya sudah meluncurkan dua aplikasi pendukung yakni Papua Tourism dn Gerai Honai Papua.

Melalui Papua Tourism ada perkenalan dan promosi seluruh objek wisata di semua klaster penyelenggara PON XX Papua 2021.

Poster PON XX Papua 2021 dengan latar belakang Stadion Lukas Enembe.
 
DOK. Humas Kemenkominfo Poster PON XX Papua 2021 dengan latar belakang Stadion Lukas Enembe.

Gerai Honai Budaya adalah aplikasi yang memperkenalkan dan memasarkan hasil produk budaya pada empat klaster penyelenggara yakni anyaman, ukiran, lukisan kulit kayu, gerabah hingga kuliner lokal.

Selain empat klaster itu, Kemenparekraf membidik dua daerah penyangga yakni Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Jayawijaya.

Venue PON XX Papua 2021Kementerian PUPR Venue PON XX Papua 2021

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com