Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lolos ke Olimpiade Tokyo 2020, Peselancar Indonesia Perkuat Mental

Kompas.com - 06/06/2021, 19:00 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peselancar Indonesia, Rio Waida, menjadi wakil Indonesia ke-20 yang lolos ke Olimpiade Tokyo 2020.

Kepastian Rio Waida lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo diumumkan Asosiasi Selancar Internasional (ISA), Minggu (6/6/2021).

Rio Waida mendapatkan tiket Olimpiade Tokyo 2020 setelah dua peselancar Jepang, Shun Murakami dan Hiroto Ohhara, harus berebut satu slot tersisa pada hari terakhir Surf City El Salvadaor ISA World Surfing Games 2021.

Berdasarkan aturan kualifikasi Olimpiade, satu negara hanya boleh diwakili dua peselancar.

Baca juga: Indonesia Tambah Wakil ke Olimpiade Tokyo dari Cabor Selancar

Jepang sudah memiliki satu wakil yaitu Kanoa Igarashi yang lolos usai masuk 10 terbaik Liga Surfing Dunia (WSL) 2019.

Dengan demikian, satu tiket milik Jepang yang sempat diamankan Shun Murakami di World Surfing Games 2019 dialokasikan untuk Rio Waida.

Saat itu, Shun Murakami mendapat jatah tiket kontinental zona Asia setelah menempati ranking empat di final. Sementara Rio di posisi sembilan, tetapi menjadi peselancar terbaik kedua dari Asia.

Ketua Umum Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI), Arya Sena Subyakto, bersyukur atletnya lolos ke Olimpiade Tokyo 2020.

Sebab, syarat kualifikasi yang ditetapkan ISA tidak mudah yaitu hanya 20 peselancar terbaik di dunia yang diperbolehkan tampil pada debut cabang surfing di Olimpiade.

Dari 20 tempat itu, 10 di antaranya diberikan khusus kepada peselancar yang masuk top ten ranking WSL dan sisanya diperebutkan melalui kualifikasi.

"Kami sangat gembira karena lolos Olimpiade ini tidak mudah. Perjuangan peselancar Indonesia di El Salvador juga luar biasa," kata Arya Sena Subyakto dalam rilis dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang diterima KOMPAS.com.

"I Ketut Agus Aditya Putra misalnya, dia mampu masuk semifinal tetapi belum berhasil di repechage 11," ucap Arya melanjutkan.

Lebih lanjut, Arya Sena Subyakto mengungkapkan akan langsung melakukan persiapan sepulangnya dari El Salvador. Salah satu yang menjadi fokus PSOI adalah meningkatkan mental tanding Rio Waida.

Baca juga: Daftar 19 Wakil Indonesia yang Akan Berjuang di Olimpiade Tokyo 2020

"Kami mendapat pelajaran berharga dari sini dan setelah pulang ke Indonesia. Kami akan memperkuat mental Rio untuk tampil di Olimpiade karena secara skill pertandingan dia sudah siap," tutur Arya Sena Subyakto.

Surfing akan mempertandingkan dua nomor di Olimpiade Tokyo 2020 yaitu shortboard putra dan putri. Perlombaan akan diselenggarakan di Pantai Shidashita yang berjarak 64 km dari Tokyo.

Dengan lolosnya Rio Waida, Indonesia untuk sementara telah memiliki 20 wakil yang akan tampil di Olimpiade Tokyo 2020.

Sebanyak 20 wakil itu tersebar di tujuh cabang olahraga yaitu bulu tangkis, atletik, menembak, panahan (entry-by-entry), angkat besi, dayung, dan selancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com