Kompas.com - 06/06/2021, 12:33 WIB
Ilustrasi Selancar KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQIlustrasi Selancar

KOMPAS.com - Wakil Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 bertambah seusai peselancar Rio Waida dinyatakan lolos kualifikasi.

Rio Waida dinyatakan lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 oleh International Surfing Association (ISA) setelah menjadi runner-up pada ajang ISA World Surfing Games 2019 di Miyazaki, Jepang.

Pada event tersebut, empat atlet putra dan putri yang berhak memiliki poin tertinggi dari masing-masing kontinental, yakni Afrika, Asia, Eropa, dan Oseania berhak mendapat tiket ke Olimpiade Tojyo.

Untuk Zona Asia, satu tiket Olimpiade Tokyo sebenarnya menjadi milik peselancar Jepang, Shun Murakami, yang menjadi pemenang ISA World Surfing Games 2019.

Baca juga: Daftar 19 Wakil Indonesia yang Akan Berjuang di Olimpiade Tokyo 2020

Namun, slot yang diperoleh Shun Murakami kini dialokasikan ke Rio Waida.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari Antara News, hal itu lantaran Shun Murakami juga lolos ke final ISA World Games 2021 bersama peselancar putra Jepang lainnya, yaitu Hiroto Ohhara.

ISA World Games 2021 yang merupakan kejuaraan penutup rangkaian kualifikasi surfing digelar di El Salvador pada 29 Mei hingga 6 Juni 2021.

Pada final tersebut, Shun Murakami dan Hiroto Ohhara akan memperebutkan satu slot ke Olimpiade untuk peselancar putra Jepang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ISA (@isasurfing)

Adapun terkait kuota atlet di Olimpiade, ISA telah menetapkan 40 tiket masing-masing 20 atlet putra dan 20 atlet putri.

Setiap negara hanya boleh mengirimkan dua wakilnya, baik putra maupun putri ke pesta olahraga terakbar di dunia tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.