Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukuran dan Tinggi Ring Basket Standar Internasional

Kompas.com - 29/05/2021, 15:00 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna

Penulis

KOMPAS.com - Permainan bola basket mengharuskan pemain dari dua tim yang bertanding memasukkan bola menuju ring untuk mencetak angka.

Ring permainan bola basket terletak pada sebuah tiang dengan memiliki papan di bagian belakang serta dilengkapi jaring.

Fungsi ring permainan bola basket menjadi sasaran bagi pemain untuk mencetak angka saat menyerang, dengan melemparkan bola dari berbagai titik di wilayah permainan.

Berdasarkan regulasi permainan bola basket dari Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), ring serta perlengkapan di sekitarnya memiliki ukuran dan tinggi dengan standar tertentu.

Ukuran ring permainan bola basket standar internasional atau menurut FIBA, memiliki lingkar 450 mm dengan ketebalan bibirnya mencapai 20 mm.

Regulasi FIBA mengharuskan ring permainan bola basket terbuat dari besi atau baja padat serta dilapisi dengan cat berwarna oranye.

Baca juga: Pola Penyerangan Bebas atau Off The Ball dalam Bola Basket

Jaring yang terpasang di ring permainan bola basket harus terpasang pada lingkar bibir ring, serta terbuat dari bahan yang meredam laju bola ketika melaluinya.

Titik pemasangan jaring pada ring permainan bola basket berjumlah 12 buah, tidak memiliki sudut tajam, dan tidak mempunyai rongga untuk mencegah jari pemain tersangkut.

Adapun ring permainan bola basket menempel pada papan (backboard), dengan jarak kurang lebih 151 mm dari sisi dalam ring menuju bagian papan.

Tinggi ring permainan bola basket sesuai standar internasional atau FIBA adalah 3.050 mm atau 3,05 meter, yang diukur dari bibir ring menuju permukaan tanah.

Selain itu, ring permainan bola basket dilengkapi dengan jaring pada bagian bawah, dengan panjang sekitar 450 mm.

Lebar dari papan di belakang ring permainan bola basket alias backboard adalah 1.800 mm secara horizontal dengan tinggi vertikalnya 1.050 mm.

Untuk kejuaraan bola basket tingkat atas di bawah naungan FIBA, backboard berwarna transparan dan terbuat dari bahan seperti serat kaca dengan permukaan rata.

Garis pada bagian tepi backboard harus berwarna putih dengan lebar 50 mm, begitu juga dengan garis berbentuk kotak di atas ring.

Baca juga: Cara Melakukan Baseball Pass dalam Bola Basket

Rangkaian ring serta papan belakang atau backboard membutuhkan struktur berupa penyangga yang terletak 3,2 meter dari titik bawah backboard atau 2 meter dari garis ujung lapangan permainan.

Struktur penyangga atau tiang tersebut wajib memiliki lapisan pelindung (padding) dengan ketinggian minimal 2,15 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com