Kompas.com - 19/05/2021, 14:40 WIB
LeBron James pada kuarter kedua laga ketiga musim reguler NBA 2020-2021 Wilayah Barat yang mempertemukan Minnesota Timberwolves vs LA Lakers yang berlangsung di Staples Center, Senin (28/12/2020). AFP/ John MCCOYLeBron James pada kuarter kedua laga ketiga musim reguler NBA 2020-2021 Wilayah Barat yang mempertemukan Minnesota Timberwolves vs LA Lakers yang berlangsung di Staples Center, Senin (28/12/2020).

KOMPAS.com - Bola basket merupakan ragam permainan bola besar yang dimainkan secara beregu, sehingga diperlukan kerja sama antar pemain dalam satu tim untuk mencetak angka.

Contoh dari upaya bersama sebuah tim untuk mencetak angka bisa dilihat dari adanya gerakan mengoper bola dari satu pemain menuju yang lain.

Mengumpan atau mengoper bola adalah teknik dasar permainan bola basket yakni dengan memindahkan penguasan bola antar pemain dalam wilayah permainan.

Terdapat ragam teknik mengumpan atau mengoper bola dalam permainan bola basket, berdasarkan posisi maupun gerakan tangan ketika memindahkan bola.

Baca juga: Sejarah FIBA, Induk Olahraga Bola Basket Dunia

Bentuk mengumpan bola basket menggunakan satu tangan kepada teman dinamakan dengan teknik baseball pass.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ragam teknik baseball pass dikategorikan sebagai varian mengumpan dengan tingkat kesulitan lebih tinggi untuk dilakukan seorang pemain.

Mengutip laman resmi Asosiasi Pelatih Bola Basket Dunia (WABC), teknik yang digunakan mengoper bola jarak jauh dinamakan teknik baseball pass.

Operan dengan tekknik baseball pass, umum dilakukan apabila rekan setim yang menjadi sasaran bola berada di ujung lapangan berbeda dari pengumpannya.

Baca juga: Bagaimana Aturan Penomoran Seragam Bola Basket?

Langkah melakukan teknik operan baseball pass dalam olahraga bola basket, diawali dengan memegang bola memakai tangan terkuat.

Posisikan siku mengarah ke tanah sehingga bola dilempar melambung menuju rekan setim di ujung lapangan sebagai penerima.

Halaman:


Sumber WABC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.