Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WGM Irene Sukandar Vs Dewa Kipas, Pembuktian Status Jin atau Jenius

Kompas.com - 22/03/2021, 09:40 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Duel persahabatan antara Woman Grand Master (WGM) Irene Kharisma Sukandar dan Dewa Kipas diyakini bakal memberikan jawaban akhir terkait perdebatan seputar status jin atau jenius.

Partai ekshibisi catur antara WGM Irene Kharisma Sukandar melawan Dewa Kipas akan berlangsung hari ini, Senin (22//3/2021), pukul 15.00 WIB.

Bentrokan yang disiarkan langsung di kanal YouTube milik Deddy Corbuzier itu bakal menjadi momen pembuktian soal perdebatan status jin atau jenius akun Dewa Kipas milik Dadang Subur yang menggemparkan situs catur virtual Chess.com.

Akun Dewa Kipas mendapat sorotan saat mencatat grafik akurasi langkah sangat tinggi pada periode 22 Februari hingga 2 Maret.

Pada rentang tersebut, akurasi langkah yang dicatat oleh akun Dewa Kipas di Chess.com berkisar di angka 90 hingga 99 persen.

“Seharusnya sudah bisa jadi juara dunia,” kata GM Irene Sukandar menanggapi statistik nyaris tanpa cacat milik Dewa Kipas di podcast bersama Deddy Corbuzier, Jumat (19/3/2021).

Baca juga: Lawan Dewa Kipas, Irene Sukandar Akan Datang sebagai Profesional

Dewa Kipas yang dikendalikan Dadang Subur ibarat seorang jenius yang selama ini tak pernah terendus.

Kegemparan memuncak saat Dewa Kipas sukses mengalahkan akun GothamChess milik pecatur bergelar International Master (IM), Levy Rozman.

Tak lama setelah itu, tepatnya pada 2 Maret silam, akun Dewa Kipas lantas diblokir oleh Chess.com karena dianggap menyalahi aturan fair play.

Segera saja, warganet pun terbelah jadi dua blok, pro dan kontra. Banyak warganet kemudian menyerang Levy Rozman yang dianggap menginisiasi gerakan untuk melaporkan akun Dewa Kipas ke tim analis algoritma Chess.com.

Levy Rozman dianggap bertanggung jawab terhadap kejadian pemblokiran, kendati penutupan sebuah akun di Chess.com sejatinya tidak bisa dilakukan hanya karena adanya laporan secara serentak dari khalayak.

Pihak Chess.com dalam pernyataan resminya mengindikasikan adanya tindak kecurangan oleh Dewa Kipas.

Baca juga: Link Live Streaming GM Irene Vs Dewa Kipas, Hari Ini Pukul 15.00 WIB

Tingkat akurasi langkah Dewa Kipas yang nyaris sempurna pada kurun 22 Februari sampai 2 Maret, disinyalir adalah hasil dari pemakaian cheat engine sebagai pembisik langkah.

Menurut ahli teknologi informasi PB Percasi, Heri Darmanto, dalam sesi konferensi pers bertajuk “Edukasi Catur Daring dan Problematikanya: Kasus Dewa Kipas”, 11 Maret silam, rata-rata setiap hari ada 500 akun yang diblokir oleh Chess.com.

Pemakaian cheat engine menjadi salah satu penyebab utama dari kebanyakan akun yang ditutup paksa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com