Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat! Ini Jadwal dan Link Live Streaming Duel GM Irene Sukandar Vs Dewa Kipas

Kompas.com - 19/03/2021, 19:40 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Irene Kharisma Sukandar selaku pecatur putri Indonesia dengan titel Grand Master telah menyanggupi pertandingan ekshibisi melawan Dadang Subur alias Dewa Kipas.

Jadwal pertandingan antara GM Irene Sukandar dan Dewa Kipas pun sudah diumumkan oleh Deddy Corbuzier selaku pihak yang memfasilitasi duel tersebut.

Lewat akun Instagram pribadinya, Deddy Corbuzier mengumumkan bahwa duel GM Irene Sukandar vs Dewa Kipas akan berlangsung pada Senin (22/3/2021).

Ini menjadi akhir penantian bagi Dadang Subur selaku pemilik akun Dewa Kipas di situs catur virtual Chess.com.

Baca juga: Profil Irene Sukandar, Grand Master Indonesia Penantang Dewa Kipas

Sebab, Irene Sukandar sebelumnya sempat menolak rencana duel tersebut.

Kendati sempat menolak, Irene Sukandar pada akhirnya menyanggupi duel ekshibisi melawan Dewa Kipas.

“Ada klarifikasi sedikit, tapi menarik. Irene baru saja mengontak manajemen saya. Jadi, menurut beliau bahwa saat ditolak itu (jawaban datang) dari manajernya,” kata Deddy Corbuzier menjelaskan kronologi via Instagram.

“Manajernya saat itu lagi berkomunikasi sama perwakilan dari Kemenpora dan PB Percasi. Belum dapat izin untuk bertanding pada saat itu, karena sudah ada tantangan terbuka dari perwakilan Kemenpora untuk Dewa Kipas, yaitu (atas nama) Anjas Novita,” ujar Deddy Corbuzier melanjutkan.

Baca juga: Duel GM Irene Sukandar Vs Dewa Kipas, Pembuktian Si Pendekar Komik

“Alasan Irene menolak bukan karena takut. Tapi, karena manajer Irene pada saat itu belum dapat jawaban dari instansi (Kemenpora),” ucapnya lagi.

Menjelang duel, Deddy Corbuzier menyebut bahwa Irene Sukandar "1.000" persen siap melawan Dewa Kipas.

Saat menghadiri podcast Deddy Corbuzier, Irene Sukandar dengan yakin menyebut bahwa kehebatan akun Dewa Kipas di Chess.com adalah muslihat belaka.

Pernyataan itu muncul setelah Irene Sukandar ditanya soal apakah ada kemungkinan Dewa Kipas melakukan siasat kebohongan di balik torehan akurasi langkah yang impresif di Chess.com.

"Sesuai data, yes. 95 persen (bohong). Catur itu ilmu. Jadi, saya rasa tidak ada misalkan datang pendekar dari gunung, turun ke kota, tiba-tiba jago, itu kan komik,” kata Irene yang beberapa waktu lalu sempat melayangkan surat terbuka untuk Deddy Corbuzier terkait polemik Dewa Kipas.

Baca juga: GM Catur Indonesia Siap Wujudkan Mimpi Dewa Kipas alias Dadang Subur

Adapun sosok Dadang Subur alias Dewa Kipas mulai dikenal luas setelah dirinya mengalahkan akun GiothamChess milik pecatur berlabel International Master (IM), Levy Rozman.

Sejak saat itu, nama Dewa Kipas meroket hingga akunnya di Chess.com diblokir oleh tim analis algoritma karena dianggap melanggar fair play.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com