Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna dari Mes Que Un Club, Slogan Utama Klub Barcelona

Kompas.com - 16/03/2021, 12:00 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Klub peserta Liga Spanyol, FC Barcelona, memiliki slogan utama yang tertanam di benak para pendukungnya, yakni "Mes Que Un Club".

Slogan tersebut bahkan tertera secara lengkap, dalam ukuran besar, pada tribune penonton di markas klub, Stadion Camp Nou.

Tidak sekadar menjadi moto bagi klub tersebut, kalimat Mes Que Un Club memiliki makna mendalam di balik pemain, pendukung, serta seluruh kalangan dalam struktur klub FC Barcelona.

Arti harfiah slogan khas Barcelona

Lalu, apa sebenarnya arti dari slogan Mes Que Un Club yang melekat erat dengan kubu Barcelona tersebut?

Kalimat Mes Que Un Club sendiri berasal dari bahasa asli wilayah asal klub Barcelona, Catalunya, yang diartikan sebagai "Lebih dari Sebuah Klub".

Penjelasan mengenai kalimat tersebut tercantum dalam laman resmi Barcelona, yang menyebut bahwa klub tersebut tidak hanya terdiri dari pemain, stadion megah, maupun trofi yang dimenangkan.

Frasa tersebut kian populer setelah disuarakan mantan presiden klub Barcelona, Narcis de Carreras, saat dilantik pada 1968.

Baca juga: Legenda Barcelona Ini Sudah Ikhlas Rekornya Dipecahkan Lionel Messi

Semangat wilayah Catalunya

Penggunaan kalimat Mes Que Un Club sebagai slogan klub sepak bola Barcelona tidak akan lepas dari perjuangan wilayah Catalunya untuk lepas dari pemerintahan Spanyol.

Semangat untuk membawa identitas daerah melalui klub sepak bola sendiri sudah disuarakan salah satu pendiri Barcelona, Joan Gamper, pada 1908.

Hingga kini pun, banyak pemain serta legenda klub secara lantang menyuarakan pandangan politik terkait dukungan untuk kemerdekaan wilayah Catalunya dari negara Spanyol.

Bahkan, tidak jarang pihak klub juga menyertakan aksen dari warna kebesaran bendera wilayah Catalunya, senyera estelada, ke dalam apparel tim.

Pemaknaan “Mes Que Un Club” di Era Modern

Slogan utama tersebut digunakan sebagai dasar berbagai nilai kegiatan yang dilakukan Barcelona, di luar batas olah raga sepak bola.

Termasuk pendirian yayasan kemanusiaan, jalinan kerja sama dengan lembaga seperti UNICEF dan program layanan pendidikan di berbagai belahan dunia.

Baca juga: Krisis Menerpa Periode Kedua Joan Laporta di Barcelona...

Dilansir dari laman resminya, Barcelona juga masih teguh mengusung sistem keanggotaan dalam menjalankan organisasi klub.

Menurut klaim pihak klub pada Maret 2021 ini, total pemegang kartu keanggotaan Barcelona sudah menyentuh sekitar 144.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com