Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eks Pemain Jebolan Klub Liga Inggris Ini Mengaku "Gay"

Kompas.com - 24/06/2020, 22:40 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Persoalan pesepak bola bestatus homoseksual atau gay menjadi perbincangan hangat setelah kapten Watford, Troy Deeney, melontarkan pernyataan mengejutkan mengenai hal tersebut.

Beberapa waktu lalu, Troy Deeney membuat pernyataan soal adanya pesepak bola gay di kompetisi profesional.

Dalam sebuah wawancara dengan Louis Theroux di BBC Radio 4, Deeney mengklaim bahwa kemungkinan ada satu pemain gay di setiap tim sepak bola.

Namun, menurut Deeney, pesepak bola gay tidak berani mengungkapkan identitasnya ke publik karena khawatir akan menanggung beban yang berat.

Baca juga: Troy Deeney, dari Tolak Berlatih hingga Sebut Ada Pesepak Bola Gay di Setiap Tim

"Saya akan mengatakan bahwa mungkin ada satu pemain gay atau biseksual di dalam setiap tim sepak bola. Mereka ada di sana, 100 persen ada di sana," ungkap Deeney.

Setelah Deeney melontarkan pernyataan perihal pesepak bola gay, sebuah pengakuan mengejutakan disampaikan oleh eks pemain jebolan klub Liga Inggris, Thomas Beattie.

Melansir dari The Independent, Rabu (25/6/2020), Thomas Beattie yang merupakan mantan pemain akademi Hull City mengakui bahwa dirinya gay.

Pengakuan itu disampaikan melalui akun Instagram pribadinya.

"Ini adalah saatnya untuk berbagi hal yang sangat pribadi tentang saya," tulis Beattie.

"Akan lebih mudah jika saya hanya duduk dan berdiam diri, tetapi perubahan yang nyata adalah berani berbicara dan bagi saya sekarang adalah waktu yang tepat untuk berbicara kebenaran dan semoga itu bisa memberikan perubahan pada beberapa aspek," lanjutnya.

"Saya adalah seorang saudara, anak laki-laki, teman, dana saya gay," jelasnya.

Pengakuan yang dibuat Beattie membuatnya menjadi pesepak bola Inggris kedua yang mengaku gay.

Baca juga: Pemain Gay di Liga Inggris, Ada!

Sebelumnya, pesepak bola pertama yang mengakui bahwa dirinya gay adalah eks pemain Norwich City dan Nottingham Forest, Justin Fashanu.

Fashanu mengakui bahwa ia adalah gay pada 1990. Pemain asal Inggris itu telah meninggal pada 1998.

Thomas Beattie menghabiskan karier sepak bolanya di luar Inggris.

Pria kelahiran Goole itu bermain di Kanada dari 2008 hingga 2013. Di sana, Beattie tercatat pernah membela beberapa klub yakni Forest City London, London City, dan Ottawa Fury.

Selain itu, pemilik nama lengkap Thomas Edward Beattie itu juga pernah bermain di Liga Singapura bersama klub Hougang United (2013-2014) dan Warriors (2014-2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com