Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Dampak Komunikasi Tidak Efektif dalam Kehidupan Manusia

Kompas.com - 24/05/2024, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Komunikasi tidak efektif terjadi ketika ada begitu banyak hambatan atau penghalang dalam proses komunikasi.

Salah satu dampak komunikasi tidak efektif, yakni pesan yang disampaikan, tidak dimengerti sepenuhnya oleh komunikan atau penerima pesan.

Apa saja dampak komunikasi tidak efektif lainnya?

Akibat komunikasi tidak efektif

Komunikasi tidak efektif adalah proses di mana komunikasi mengalami kegagalan, karena sejumlah faktor yang memengaruhinya.

Proses komunikasi dikatakan efektif, jika komunikan (penerima pesan) mencapai kesepahaman makna dengan komunikator (pengirim pesan).

Baca juga: Syarat-syarat Komunikasi Efektif yang Harus Kamu Ketahui

Sebaliknya, komunikasi dikatakan tidak efektif, apabila komunikan tidak memiliki pemahaman yang sama dengan komunikator.

Menurut Syahrizal Abbas dalam buku Manajemen Perguruan Tinggi (2008), salah satu dampak komunikasi tidak efektif, yakni menurunkan produktivitas seseorang.

Misalnya dalam organisasi atau perusahaan. Komunikasi yang tidak efektif, rentan terhadap miskomunikasi atau mispersepsi.

Akibatnya, pemaknaan pesan atau informasi menjadi salah, dan secara tidak langsung akan menurunkan produktivitas orangnya.

Dikutip dari buku Paliative Nursing (2022) oleh Chely Veronica dkk, salah satu akibat komunikasi tidak efektif, yakni informasi tidak tersampaikan dengan tepat.

Baca juga: 5 Cara Komunikasi Efektif dalam Menjalin Hubungan Sosial

Contoh, karena terlalu banyak noise atau gangguan, komunikator jadi kesulitan dalam menyampaikan pesannya.

Sehingga komunikan menangkap informasi yang sedikit berbeda dengan yang seharusnya. Apabila ini tidak segera diatasi, dapat berakibat fatal.

Dampak komunikasi tidak efektif, yaitu timbulnya persepsi yang menyeleweng atau menyimpang dari yang seharusnya.

Misal, A menyampaikan perintah pekerjaan kepada B. Namun, karena komunikasi tidak berjalan efektif, B menangkap perintah tersebut sebagai hal yang negatif.

Kesimpulannya, akibat komunikasi tidak efektif ialah:

Baca juga: Pengertian dan Ciri-ciri Komunikasi Efektif

  • Menurunnya produktivitas seseorang
  • Informasi tidak tersampaikan dengan tepat
  • Timbulnya persepsi yang menyeleweng atau menyimpang dari yang seharusnya.

Selain penjelasan di atas, kegagalan dalam melakukan perintah dan kesenjangan informasi juga termasuk dampak komunikasi tidak efektif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com