Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Satelit Komunikasi Sangat Penting dalam Kehidupan Kita

Kompas.com - 01/02/2024, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Satelit komunikasi adalah alat atau perangkat yang mempermudah manusia dalam berkomunikasi tiap hari.

Karena perannya yang sangat luar biasa dalam komunikasi, keberadaan satelit ini menjadi sangat penting dalam kehidupan kita.

Pentingnya satelit komunikasi

Dikutip dari buku Open Systems Interconnection (2019) oleh Miftahul Huda, satelit komunikasi adalah satelit buatan di angkasa yang ditujukan untuk kepentingan telekomunikasi.

Pengertian satelit komunikasi adalah paket komunikasi elektronik yang diletakkan di orbit, guna mendukung transmisi komunikasi.

Menurut Dony Arius dalam buku Komunikasi Data (2020), satelit komunikasi menggunakan radio berfrekuensi gelombang mikro.

Baca juga: Satelit Alam dan Satelit Buatan

Ada satelit komunikasi yang menggunakan orbit geosinkron atau geostasioner, dan ada pula yang memakai satelit pengorbit Bumi rendah.

Jelaskan alasan satelit komunikasi sangat penting dalam kehidupan kita

Dilansir dari buku Planet dan Satelit (2023) oleh Viyanti, salah satu fungsi satelit komunikasi adalah mempermudah penyampaian informasi.

Alasan satelit komunikasi sangat penting dalam kehidupan kita, karena satelit ini digunakan untuk menunjang dan mendukung proses komunikasi di Bumi.

Jika tidak ada satelit komunikasi, proses penyampaian dan penerimaan informasi pasti akan terasa sulit bahkan terganggu.

Baca juga: Bulan, Satelit Alami Bumi

Pada intinya, satelit komunikasi membuat kegiatan atau aktivitas komunikasi berjalan lebih mudah dan lancar.

Satelit komunikasi pertama diluncurkan pada 10 Juli 1962, Telstar namanya. Peluncuran satelit ini didasari oleh kebutuhan sarana komunikasi yang lebih baik.

Jika disimpulkan, alasan satelit komunikasi sangat penting dalam kehidupan kita adalah satelit komunikasi sangat menunjang jalannya proses telekomunikasi di Bumi.

Satelit komunikasi membuat proses komunikasi atau penyampaian dan penerimaan pesan, berjalan lebih lancar dan mudah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com