Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Neutron: Partikel Atom dengan Muatan Listrik Nol

Kompas.com - 13/05/2022, 15:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comAtom terbentuk dari tiga partikel yaitu proton, elektron, dan neutron. Partikel dengan muatan listrik nol adalah neutron. Namun, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan neutron? Berikut adalah penjelasannya!

Ditemukan oleh James Chadwick

Neutron adalah partikel atom yang ditemukan oleh James Chadwick, seorang fisikawan asal Inggris. Pada saat itu, partikel atom yang ditemukan baru proton dan elektron.

James Chadwick mengamati percobaan penembakan berilium oleh sinar alfa yang dilakukan Joliot dan Curie. Dalam percoban tersebut, berilium memancarkan radiasi yang dianggap sebagai foton gamma energi tinggi oleh Joliot dan Curie.

Namun, Chadwick tidak setuju karena foton seharusnya tidak bermassa. Sedangkan, radiasi yang dipancarkan berilium dalam percobaan tersebut memiliki massa.

Baca juga: Partikel dan Notasi Atom Beserta Parameternya

Dilansir dari American Physical Society, pada tahun 1932 James Chadwick kemudian melakukan eksperimennya sendiri dan menemukan bahwa radiasi yang dikeluarkan berilium adalah partikel bermuatan netral.

Dari percobaan itulah James Chadwick menemukan sati lagi partikel atom, yaitu neutron. Penemuan Neutron tersebut membuat James Chadwick dianugerahi hadia Nobel fisika pada tahun 1935.

Bukan partikel elementer

Tidak seperti elektron, neutron bukanlah partikel elementer. Hal ini dikarenakan neutron terbentuk dari subpartikel atom yang lebih kecil, yaitu quark.

Quark adalah partikel yang sangat kecil dan memiliki muatan listrik.

Baca juga: Sifat-Sifat Elektron: Partikel Elementer Bermuatan Negatif

Bermuatan listrik nol

Jika neutron terbentuk dari quark, dan quark memiliki muatan listrik. Lalu, mengapa neutron bermuatan listrik nol? Hal tersebut karena, muatan listrik quark dalam neutron saling menghilangkan.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, neutron tersusun dari satuu quark up dengan muatan listrik +2/3 dan dua quark down dengan muatan listrik -1/3.

Sehingga, muatan listrik ketiga quark dijumlahkan maka akan saling menghilangkan.

Lebih berat dari proton

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, neutron memiliki diameter yang hampir sama dengan proton, namun dengan massa yang sedikit lebih berat.

Massa neutron adalah kilogram, sedangkan massa proton adalah kilogram.

Berada di inti atom

Neutron berada di inti atom (nukleus) bersama dengan proton. Kedua partikel tersebut, menyumbang sebagian besar massa atom (mengingat massa elektron yang sangat kecil).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com