Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Terkini M 5,0 Guncang Dompu NTB, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 06/06/2022, 12:57 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa terkini bermagnitudo M 5,1 mengguncang wilayah Dompu, Nusa Tenggara Barat pada pukul 10.44 WIB, Senin (6/6/2022).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,0.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan, episenter gempabumi ini terletak pada koordinat 8,76° LS ; 118,40° BT.

Baca juga: Gempa Terkini: Dua Gempa Guncang Indonesia Hari Ini, Begini Analisisnya

Lokasi tepatnya yakni berada di darat wilayah Dompu, Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 126 kilometer.

Bambang menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi. 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal-fault)," kata Bambang dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/6/2022).

Ia juga menambahkan, meskipun getaran akibat guncangan gempa bumi ini dirasakan di dua daerah, hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Getaran akibat guncangan gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Dompu dan Bima dengan skala intensitas III MMI, di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 11.15 WIB hari ini belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Upayakan agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

Serta, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan, sebelum anda kembali kedalam rumah.

Baca juga: Hiposentrum dan Episentrum Gempa, Ini Perbedaannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com