Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Apartemen Premium di Jakarta Paling Murah Se-Asia

Kompas.com - 23/05/2024, 17:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar hunian premium atau hunian mewah di Indonesia sepanjang tahun 2023, masih menunjukan pertumbuhan yang stabil.

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Marketing Communications and Public Relations Manager Knight Frank Indonesia, Miranti Paramita menjelaskan pertumbuhan yang stabil tersebut berada di kisaran 0,6 persen.

Merujuk pada Prime International Residential Index (PIRI) dalam The Wealth Report 2024, tercatat pertumbuhan rumah premium pada tataran global berada pada kisaran 3,1 persen.

“Tren positif ini terjadi di 80 dari 100 kota di dunia. Bahkan kota-kota di Asia Pasifik tampil sebagai wilayah dengan kinerja pertumbuhan tertinggi yang mencapai 3,8 persen,” ujar Miranti, Kamis (23/5/2023). 

Baca juga: Ini Perbedaan Harga Rumah Mewah, Menengah, dan Sederhana

Dalam edisi terbaru Jakarta Property Highlight yang dirilis oleh Knight Frank Indonesia, pasar residensial di Jakarta, khususnya di segmen kondominium, masih didominasi oleh sektor menengah.

Tren ini terus bertahan di tengah ketidakpastian ekonomi yang masih berlanjut. Namun kabar baiknya, stimulasi dari Pemerintah membantu dalam bentuk insentif.

Di Jakarta sendiri, rata-rata harga unit apartemen premium atau high end dilaporkan berada di angka Rp 57,7 juta per meter persegi. Harganya jauh lebih murah dibanding kota-kota besar lainnya di Asia. 


“Ini berarti, untuk setiap 1 juta Dolar AS, seseorang dapat memiliki sebuah unit apartemen mewah dengan ukuran sekitar 276 meter persegi di Jakarta. Besaran luas lantai ini secara signifikan lebih besar jika dibandingkan dengan budget yang sama di pasar real estate Asia besar lainnya,” terang Miranti.

Baca juga: Seperti Apa Rumah Mewah yang Bakal Dilirik Crazy Rich Indonesia?

Padahal dengan uang 1 juta Dolar AS, seseorang hanya dapat membeli sekitar 64 meter persegi properti primer di Tokyo, 32 meter persegi di Singapura, dan hanya 22 meter persegi di Hong Kong.

Di Indonesia, berdasarkan Jakarta Property Highlight pada kuartal II tahun 2023, tercatat pasokan residensial high end yang mencakup 3,7 persen dari total pasar properti Jakarta.

Rumah mewah di Jakarta saat ini berada di level harga Rp 40 juta per meter persegi dengan lokasi yang sebagian besar (76 persen) berada di Jakarta Selatan,” tuntas Miranti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com