Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Morbidelli: Kondisi Sirkuit Mandalika Sudah Lebih Bagus, tetapi...

Kompas.com - 13/02/2022, 12:00 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

Laporan langsung jurnalis Kompas.com, M. Hafidz Imaduddin, dari Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

KOMPAS.com - Pebalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli, menilai kondisi trek Sirkuit Mandalika sudah lebih baik pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022, Sabtu (12/2/2022).

Sebelumnya, hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika sempat terhenti selama lebih dari satu jam.

Red flag dikibarkan karena kondisi beberapa titik trek Sirkuit Mandalika kotor dengan debu, kerikil kecil, hingga lumpur kering.

Setelah trek dibersihkan selama kurang lebih satu jam, hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika kembali dilanjutkan hingga 17.45 WIB.

Tambahan waktu 45 menit diberikan untuk semua pebalap dan tim untuk menggantikan sesi yang hilang akibat red flag.

Baca juga: Dunia Internasional Beri Perhatian pada MotoGP Mandalika 2022

Seusai hari pertama berakhir, mayoritas pebalap mulai dari Andrea Dovizioso (WithU Yamaha VR46), Alex Marquez (LCR Honda), sekaligus Morbidelli mengeluhkan kondisi trek Sirkuit Mandalika yang kotor.

Terkini, hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Sabtu (12/2/2022) berjalan sesuai jadwal sejak 09.00 hingga 17.00 WITA.

Menurut Morbidelli, kondisi trek Sirkuit Mandalika pada hari kedua tes sudah lebih baik dibandingkan sebelumnya. Namun, Morbidelli mengaku masih merasakan sedikit debu di titik-titik tertentu.

"Kondisi trek sudah lebih bagus dari kemarin. Namun, memang debunya masih terasa. Tetapi secara keseluruhan, semua lebih baik hari ini," kata Morbidelli kepada awak media di Media Center Sirkuit Mandalika.

"Tikungan 5, 6, dan juga tikungan 10, 11, 15, 16 itu adalah titik yang tidak saya sukai (karena masih kotor)," ujar Morbidelli.

Baca juga: Tes Pramusim MotoGP Mandalika: MGPA Menanti Evaluasi, Kecepatan Pebalap Lampaui Prediksi

Lebih lanjut, Morbidelli sangat berharap agar penyelenggara bisa segera memperbaiki kondisi trek Sirkuit Mandalika agar balapan MotoGP Indonesia pada Maret mendatang bisa terlaksana.

"Ketika saya melihat World Super Bike (WSBK) 2021, trek Sirkuit Mandalika masih bersih," ucap Franco Morbidelli.

"Saya sangat berharap debu dan kotoran yang ada di trek bisa segera dibersihkan. Selebihnya memang tidak ada masalah bagi kami," ucap Morbidelli menambahkan.

Harapan serupa juga diungkapkan rekan satu tim Morbidelli, Fabio Quartararo, seusai menyelesaikan hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com