Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandalika Sirkuit Jalanan Terindah di Dunia, 100 Persen Siap Gelar Tes MotoGP

Kompas.com - 07/02/2022, 20:40 WIB
Faishal Raihan

Penulis

KOMPAS.com - Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), sudah siap untuk menggelar tes pramusim MotoGP 2022.

MotoGP 2022 akan menggelar balapan pertama pada 6 Maret mendatang. Namun, sebelum masuk musim baru, MotoGP memiliki agenda tes pramusim.

Setelah akhir pekan lalu singgah di Sirkuit Sepang, Malaysia, MotoGP mendarat di Lombok, Indonesia, untuk menjajal Sirkuit Mandalika.

Tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika rencananya akan digelar pada akhir pekan ini, tepatnya 11-13 Februari 2022.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyatakan bahwa Sirkuit Mandalika sudah siap untuk menjadi arena penguji kecepatan para pebalap MotoGP.

Baca juga: Tes MotoGP Mandalika: Marc Marquez dan Sederet Pebalap Tiba di Lombok, Karantina 24 Jam

"Alhamdulillah, untuk sirkuit 100 persen sudah siap," ucap Zulkieflimansyah, dikutip dari Antara News, Senin (7/2/2022).

"Untuk saat ini, yang sedang digesa adalah 'beautifikasi' di sekitar sirkuit," imbuh Zulkieflimansyah.

Beautifikasi yang dimaksud Zulkieflimansyah bertujuan untuk menjadikan Mandalika sebagai sirkuit jalanan yang paling indah di dunia.

"Beautifikasi ini sebagai 'positioning' bahwa Mandalika adalah sirkuit jalanan terindah di dunia karena memang eksotisme dan keindahan trek ini luar biasa dan didukung dengan kondisi lingkungan yang juga dipercantik," tutur Zulkieflimansyah.

Selain itu, Zulkieflimansyah juga mengutarakan bahwa jalan di seiktar Sirkuit Mandalika akan diperluas menjadi dua jalur agar tak terjadi kemacetan saat perhelatan MotoGP.

Baca juga: 338 Marshal Siap Kawal Tes Pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika

"Jalan di sekitar sirkuit yang tadinya satu jalur diperluas menjadi dua jalur sesuai arahan Presiden untuk menghindari traffic jam ketika moment of truth atau event MotoGP tersebut berlangsung," katanya.

"Mudah-mudahan akhir Februari semuanya sudah tuntas," ujar Gubernur NTB.

Sementara itu, di sektor kesehatan, Zulkieflimansyah menuturkan bahwa kesiapan Provinsi NTB sudah cukup baik, termasuk dalam penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi COVID-19.

"Walaupun kita senang jadi host dari event internasional seperti MotoGP, tapi selalu kami tekankan bahwa kita masih di masa pandemi, sehingga protokol kesehatan tetap harus diterapkan, travel bubble juga pada pramusim ini sudah diberlakukan," ucap Zulkieflimansyah. 

"Untuk vaksinasi di Lombok, dosis 1 maupun dosis 2 sudah di atas 80 persen, sisanya akan terus digesa agar semua daerah di NTB bisa mencapai 100 persen," Zulkieflimansyah menambahkan.

Baca juga: Aturan Terbaru MotoGP Mandalika, Penonton Dibatasi Maksimal 100.000

Rombongan pebalap MotoGP tiba di Lombok

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), Lombok, Nusa Tenggara Barat, Senin (7/2/2022) untuk menjalani tes pramusim MotoGP Mandalika 2022. Dok. MGPA Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), Lombok, Nusa Tenggara Barat, Senin (7/2/2022) untuk menjalani tes pramusim MotoGP Mandalika 2022.

Para pebalap MotoGP, termasuk Marc Marquez (Repsol Honda) sudah tiba di Lombok pada Senin (7/2/2022), melalui Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid.

Panitia balap MotoGP 2022 Pertamina Mandalika Circuit langsung membawa para rider dan ofisial tim ke sejumlah hotel yang disiapkan untuk melakukan tes PCR dan menjalani karantina selama 24 jam. 

Setelah karantina, para pebalap baru bisa beraktivitas di paddock untuk melakukan setting pada motor masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com