Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadirkan Rayyanza, Program Acara Saurans Kena Tegur KPI

Kompas.com - 05/04/2024, 04:00 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat memberikan teguran tertulis atas penayangan program acara SauRans di Net Tv.

KPI memberikan sanksi administratif berupa teguran tertulis untuk penayangan SauRans di episode 2 dan 3 yang tayang pada 13-14 Maret 2024.

"Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat memutuskan memberikan sanksi administratif berupa teguran tertulis kepada dua program siaran," tulis mereka dalam keterangan dikutip dari akun Instagram KPI @kpipusat.

"Pertama pada program siaran SauRans di NET TV tayangan yang disiarkan pada tanggal 13-14 Maret 2024 mulai pukul 03.49 WIB, dengan klasifikasi R13, namun secara langsung menampilkan anak di bawah umur a.n Rayyanza 'Cipung,'" tulis mereka.

Baca juga: Saurans Berhenti Tayang, Raffi Ahmad Bantah karena Rating Rendah

Lebih lanjut dalam keterangan yang tertera di nomor surat 5/K/KPI/31.2/03/2024, KPI menyertakan beberapa pertimbangan yang digunakan untuk memberikan teguran.

"Bahwa berdasarkan Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia Nomor 02/P/KPI/03/2012 tentang Standar Program Siaran Pasal 15 Ayat (4), program siaran langsung yang melibatkan anak-anak dilarang disiarkan melewati pukul 21.30 waktu setempat," demikian kata KPI.

Sebelumnya, Raffi sempat menyampaikan alasan putranya itu ikut muncul di acara sahur.

"Kan syuting di rumah aku di lantai 1 bawah, kamar kita di atas, kalau anaknya tiba-tiba bangun nyari ibunya, ya dia turun," kata Raffi dikutip dari YouTube FYP Trans 7.

Baca juga: Viral Video Ditangkap Polisi karena Pencucian Uang, Raffi Ahmad: Ini Tuh Konten Prank

"Kayak kemarin dua hari lalu, enggak bangun ya enggak (ikut syuting)," imbuh Raffi.

Kemunculan putranya di acara sahur itu sendiri disebut Raffi benar-benar tergantung anak-anaknya.

Dia tidak pernah memaksa mereka syuting. Rayyanza misalnya, justru akan bertanya-tanya saat terbangun dan menonton televisi tapi dia tidak ada di sana.

"Kalau Rafathar harus didiemin biar turun sendiri," ujar Raffi.

"Kalau Rayyanza, misal pagi-pagi bangun, lihat di tv 'Ajja (Rayyanza) enggak ada,' sama sus nya diajak ke bawah biar dia ada, dia pengin ada," jelas Raffi.

Sementara itu, program SauRans sendiri diketahui telah berhenti penayangannya mulai tanggal 3 April 2024.

Namun Raffi membantah berhentinya penayangan program acara yang dipandu bersama Nagita Slavina dan Denny Cagur itu karena rating yang rendah. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KPI Pusat (@kpipusat)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com