Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erwin Gutawa Bangkitkan Musik Era '80-an lewat Symphonesia

Kompas.com - 08/03/2024, 09:52 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Konser orkestra Erwin Gutawa bertajuk Symphonesia Lintas Era: Musik 80 yang digelar di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, pada Kamis (7/3/2024) berlangsung meriah.

Menggandeng musisi lintas generasi seperti Candil, Albert Fakdawer, Vina Panduwinata, dan Rahmania Astrini, Erwin seolah membangkitkan kembali kejayaan industri musik era '80-an.

"Era '80-an adalah era musik yang tersemarak di Indonesia. Selama proses menyiapkan konser musik ini secara pribadi, hati dan perasaan saya memang sangat istimewa karena dari beberapa lagu yang akan dibawakan dulu saya terlibat dalam rekaman aslinya," kata Erwin saat membuka konsernya.

Baca juga: Erwin Gutawa Gelar Konser Symphonesia, Rayakan Warna Musik 80-an

 

Setelah itu, tirai yang menutupi panggung mulai terangkat diiringi paduan musik menggelegar dari para musisi.

Erwin langsung membuat penonton berdecak kagum dengan lantunan indah biola, celo, keyboard, terompet gitar, piano, contrabass, flute, dan alat musik lainnya.

Setelah 10 menit penonton dimanjakan dengan suguhan musik indah, dari kanan panggung muncul Albert Fakdawer membawakan lagu "Sesaat Kau Hadir" yang dipopulerkan Utha Likumahuwa. 

Baca juga: Keunikan Konser Chrisye Live by Erwin Gutawa yang Gunakan Teknologi Canggih

Kemudian, dari belakang kursi penonton, Candil menarik perhatian dengan suara melengkingnya melantunkan "Astaga" milik Ruth Sahanaya.

Sambil berjalan ke atas panggung, pria berambut keriting itu sesekali berinteraksi dengan penonton yang duduk di bangku tengah mengabadikan aksi panggungnya dengan ponsel.

Sementara itu, Rahmania Astrini didapuk menjalankan tribut untuk January Kristy, penyanyi jazz perempuan yang berjaya di era '80-an.

Erwin berperan sebagai pianis ketika Rahmania melantunkan hit January Kristy bertajuk "Melayang".

Kemudian terdengar suara asli January Kristy mengakhiri lagu tersebut.

Baca juga: Cara Rahmania Astrini Mencari Inspirasi Menciptakan Lagu

Momen itu langsung mendapat tepuk tangan yang meriah dari para penonton.

Tak sampai di situ, Erwin selanjutnya memberi kejutan dengan mengundang Candra Darusman dan Aminoto Kosin ke atas panggung.

"Saya sempat punya band namanya Karimata, dan ini kejutan buat anda semua, ada dua member Karimata, sahabat saya, mereka musisi-musisi hebat, mereka adalah Aminoto Kosin dan Candra Darusman," kata Erwin.

Ketiga maestro itu langsung mengambil alih panggung. Candra dengan piano, Aminoto dengan keyboard sedangkan Erwin masih berdiri memimpin puluhan pemusik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com