Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Budi Pekerti Akan Tayang di Netflix pada Maret 2024

Kompas.com - 26/02/2024, 11:02 WIB
Cynthia Lova,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Budi Pekerti akan tayang di Netflix pada 21 Maret 2024.

Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh akun Instagram Netflix Indonesia @NetflixID.

"Kehidupan seorang guru BK berubah total ketika videonya yang sedang marah viral di sosmed. Dibintangi @inafebriyanti, @angga, @prillylatuconsina96, @dwisasono, film Budi Pekerti tayang 21 Maret di Netflix," tulis Netlix Indonesia dalam pengumumannya dikutip Kompas.com, Senin.

Sebagai informasi, Budi Pekerti masuk 17 kategori nominasi pada Piala Citra FFI 2023. Dari jumlah tersebut, film besutan Wregas itu mendapatkan dua Piala Citra.

Baca juga: Budi Pekerti Raih Penghargaan dari Santa Barbara International Film Festival

Adapun ke-17 nominasi tersebut adalah Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, Pemeran Utama Perempuan Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik, dan dua nominasi Pemeran Pendukung Pria Terbaik.

Selanjutnya, Pengarah Sinematografi Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Busana Terbaik, Penata Rias Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pencipta Lagu Tema Terbaik, dan Penata Efek Visual Terbaik.

Sha Ine memenangi penghargaan Pemeran Utama Perempuan Terbaik. Sementara, Prilly berhasil menyabet penghargaan Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik.

Baca juga: Film Budi Pekerti Tayang di Malaysia 18 Januari 2024

Dalam film yang ditulis dan disutradarai oleh Wregas Bhanuteja itu, Sha Ine berperan sebagai Bu Prani. Sementara, Prilly berperan sebagai Tita yang merupakan anak Bu Prani.

Kisah film Budi Pekerti berlatar di Yogyakarta saat masa pandemi. Film ini bercerita tentang kehidupan Bu Prani selaku guru BK yang video perselisihannya dengan pengunjung pasar menjadi viral di media sosial.

Akibat tindakannya tersebut, Bu Prani dinilai tidak sesuai dan tak mencerminkan pribadi dari seorang guru.

Alhasil, dia dan keluarganya pun mendapat perundungan. Bahkan, kesalahannya kerap dicari-cari hingga dirinya terancam kehilangan pekerjaan.

Baca juga: Film Budi Pekerti Pamit dari Bioskop dengan 579.478 Penonton

Selain Sha Ine dan Prilly, film bergenre drama tersebut juga dibintangi Angga Yunanda, Dwi Sasono, Omara Esteghlal, dan Ari Lesmana

Film itu diproduksi Rekata Studio dan Kaninga Pictures dengan dukungan KG Media, Masih Belajar, Momo Films, serta Hwallywood Academy of Media and Arts Singapore.

Sebelum kemenangan di Piala Citra FFI 2023, film Budi Pekerti world premiere di Toronto International Film Festival (TIFF) 2023 pada Rabu (9/9/2023), tayang dan berkompetisi di SXSW Sydney 2023 Screen Festival pada Minggu (15/10/2023) hingga Minggu (22/10/2023), serta Jakarta Film Week 2023.

Tak hanya itu, Budi Pekerti juga berkompetisi di Taipei Golden Horse International Film Festival 2023 dan The International Film Festival of India (IFFI) 2023 pada November 2023.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Netflix Indonesia (@netflixid)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com