Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Komedian Tanpa Banyak Drama, Andre Taulany Akui Tak Mau Mudah Tersinggung soal Lawakan

Kompas.com - 23/02/2024, 22:26 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Tak pernah ingin membuat keributan akibat adanya salah lawakan yang menyakiti hatinya, komedian dan aktor Andre Taulany memilih untuk bersikap maklum dan memaafkan orang lain, terlebih mereka yang memang bukan berasal dari dunia komedi. 

Diakui Andre, dia memang tipe orang yang tidak ingin melawan atau mengambil tindakan yang akan berakibat canggungnya suasana. 

"Gue orangnya gini, ketika orang ada salah jokes ke gue, gue enggak pernah mau nge-counter," ucap Andre dikutip dari YouTube Curhat Bang Denny Sumargo.

"Enggak pernah gue lawan balik atau jadi bertahan dan membuat suasana menjadi awkward," jelas Andre.

Baca juga: Pernah Utang ke Adul untuk Biaya Lahiran Istri, Andre Taulany Ungkap Honor Awal Jadi Komedian

Sehingga ketika ada lawakan yang menyakiti hatinya, dia memilih untuk diam saja dan memaklumi. 

"Gue biarin aja walaupun gue mungkin sakit hati, ada kata-kata yang enggak enak, tapi enggak gue tunjukin," tutur Andre.

"Karena gue menganggap ini orang memang bukan profesinya komedi, ini orang memang spesialisasinya bukan pelawak, tapi lagi mencoba," lanjutnya.

Karena sebagai komedian yang mengawali kariernya bukan dari dunia komedi, Andre memahami posisi orang lain, terlebih mereka yang bukan berasal dari dunia komedi.

"Mungkin aja enggak ngerti ada koridor-koridor yang sebenarnya enggak boleh masuk," ucap Andre.

Baca juga: Akui Pernah Ribut dengan Sule, Andre Taulany: Mungkin Saat Itu Lagi Emosi

"Tapi kan dia enggak tahu karena bukan pelawak, bukan komedian, jadi enggak apa-apa, gue berusaha memahami itu," jelasnya.

Oleh sebab itu, Andre mencoba selalu menanamkan dalam pikirannya bahwa orang lain itu tidak bermaksud dengan sengaja menyakiti hatinya. 

"Jadi gue 'ya udah lah enggak apa-apa, dia kan enggak ngerti, pasti dia juga enggak ada maksud,'" tuturnya.

"Dia berusaha adaptasi, cuma enggak ngerti cara ngelawak, kadang-kadang kelepasan," sambungnya.

Namun secara pribadi, Andre mengungkap bahwa dia selalu menempatkan pelawak-pelawak senior di posisi yang dia hormati.

Sehingga dia tidak pernah menggunakan lawakan-lawakan yang menurutnya bisa melukai hati atau harga diri mereka.

"Gue respect sama senior-senior gue, lihat kalau gue ngelawak sama Haji Bolot, sama bang Malih atau Om Indro, gue enggak pernah lawakan gue dengan kata-kata apalah, enggak pernah gue, karena gue respect, ini bukan ranah gue," kata Andre.

"Gue itu enggak berani karena gue respect sama dia, dia senior gue, walaupun di dunia lawakan jangan ada rasa itu, tapi gue tetep jaga," ucapnya lagi.

Andre menegaskan itu semua dilakukan karena memang dia tidak suka dengan adanya drama atau keributan. Bahkan dia rela meminta maaf sekali pun bukan dia yang salah. 

"Gue emang orangnya enggak suka ada drama atau ribut-ribut, kalaupun memang dianggap gue enggak salah, gue rela deh minta maaf, kalau pun gue enggak salah, yang penting gue enggak mau ada permusuhan," tutur Andre. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com