Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beredar Video Dante Berenang, Angger Dimas: Muka Anak Saya Senang atau Terpaksa?

Kompas.com - 13/02/2024, 18:03 WIB
Cynthia Lova,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi atau DJ Angger Dimas menegaskan bahwa mendiang anaknya, Raden Adante Khalif Pramudityo alias Dante (6), tidak bisa berenang.

Sebelumnya, Angger Dimas menyatakan bahwa Dante pernah mengeluh tak mau lagi berenang dan memintanya menyampaikan hal itu ke ibunya, Tamara Tyasmara.

“Iya benar itu (Dante tak bisa renang spontan). Saya bisa mempertangggungjawabkan itu, belum bisa berenang, kan saya sudah tekankan,” ujar Angger Dimas di Polda Metro Jaya, Selasa (13/2/2024).

Baca juga: Angger Dimas Tidak Diizinkan Polisi Bertemu dengan Yudha Arfandi

Angger Dimas menilai dari sejumlah video Dante berenang yang beredar, anaknya tersebut memang tidak terlihat senang.

“Carikan saya satu yang dia dilatih oleh pelatih renang profesional pasti ada sertifikat, dan jika teman-teman sudah melihat video-video beredar yang enggak tahu dari siapa. Coba lihat muka anak saya, ada senang-senangnya atau enggak, apakah dia terpaksa?” lanjut Angger.

Angger bercerita bahwa ia pernah berenang dengan sang anak di kolam renang di salah satu hotel di Jakarta.

Saat renang bersama tersebut, Angger melihat sang anak hanya berenang di Jacuzzi kecil, bukan di kolam renang yang dalam.

Baca juga: Minta Netizen Jangan Tekan Tamara Tyasmara, Angger Dimas: Bagaimanapun Dia Ibu dari Anak Saya

“Ya setahu saya dia itu enggak bisa berenang gitu. Zaman nikah sama saya pun, terakhir berenang itu di salah satu hotel di Jakarta dan itu juga di jacuzzi yang kecil. Karena dia tuh lihat air tuh kayak aduh (ekspresi takut) gitu,” kata Angger.

Saat ditanya kenapa pernyataannya berbeda dengan Tamara, Angger meminta awak media menanyakan ke Tamara langsung.

Meski demikian, Angger mengingatkan netizen untuk tidak menuduh Tamara terlibat dalam kasus meninggalnya sang anak sebelum ada penetapan hukum dari pihak kepolisian.

Sebab bagaimanapun kata Angger, Tamara adalah ibu dari anaknya. Ia tak mau tekanan dari netizen malah membuat kesehatan mentalnya malah menurun.

Baca juga: Yudha Arfandi Tenggelamkan Dante 12 Kali, Angger Dimas: Benar Kan Dugaan Gue

“Tanya ibunya, pokoknya yang berhubungan dengan ibunya saya cuma mau minta tolong aja sebelum ada ketetapan hukum atau apa pun itu atau naik status atau apa, saya minta tolong jangan ada tekanan ke siapa pun. Mau bagaimana pun keep the movement, healthy and clean,” ujar Dimas.

“Karena tujuan kita adalah mengawal kasus ini dan stop semua kekerasan kepada anak. Mau bagaimana pun semua punya mental health yang harus dijaga. Apalagi seorang ibu yang baru aja kehilangan anaknya,” tutur Dimas Angger.

Sebagai informasi, putra semata wayang Tamara Tyasmara dan Angger Dimas, Raden Andante Khalif Pramudityo atau Dante, meninggal dunia diduga karena tenggelam di kolam renang.

Baca juga: Penyidik Bekerja Sama dengan Apsifor Periksa Kejiwaan Tamara Tyasmara dan Angger Dimas

Yudha Arfandi yang menemani Dante berenang ditangkap di daerah Pondok Kelapa, Jakarta Timur dan ditahan di Polda Metro Jaya sejak Jumat (9/2/2024).

Ia dihadapkan dengan Pasal 76C juncto Pasal 80 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang UUD Perlindungan Anak, Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana, Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan dalam bentuk biasa, dan Pasal 359 tentang kelalaian yang menyebabkan kematian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com