Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Tak Tahu Judul Lagu Dewa 19 Saat Manggung, Yuke Sampurna: Kalau Pemain Bas Termahal Tahunya soal Bayaran Berapa

Kompas.com - 05/02/2024, 22:34 WIB
Andika Aditia

Penulis


KOMPAS.com – Pemain bas Dewa 19 Yuke Sampurna menceritakan kebiasaan dirinya yang seringkali tak tahu judul lagu yang ia bawakan saat manggung.

Meski sangat menguasai betotan tiap nada bas dalam lagu yang ia bawakan, Yuke Sampurna mengaku seringkali lupa akan judul lagunya sendiri.

Menurut Yuke Sampurna, hal ini sudah ia alami sejak masih bergabung bersama band acid jazz asal Bandung, The Groove sampai dirinya bergabung dengan band asal Surabaya, yakni Dewa 19.

Baca juga: Diminta Ahmad Dhani Jadi Pemain Bas Dewa 19, Yuke Sampurna: Syaratnya Bayaran Harus Sama dengan Personel Lain

“Maaf, saya di Dewa 19 pun tak tahu judul lagunya apa kalau lagi main, jadwalnya juga,” ucap Yuke Sampurna seperti dikutip dari kanal YouTube Ruangkreasi TV, Senin (5/1/2024).

Menurut Yuke Sampurna, yang pasti ia tahu sebagai pemain band adalah soal honor alias bayarannya berapa sekali manggung untuk dirinya pribadi.

Sedikit menyombong, Yuke Sampurna mengaku, dirinya berlaku demikian karena memang punya standar sendiri soal bayaran, termasuk saat bergabung dengan Dewa 19 sebagai pemain bas menggantikan Erwin Prasetya.

Baca juga: Yuke Sampurna: Yang Bully Ahmad Dhani Tidak Tahu Apa-apa

“Yang saya tahu itu bayarannya berapa, itu yang pasti saya tahu. Itu kalau pemain bas mahal dan profesional, bayarannya yang harus tahu,” ucap Yuke Sampurna.

Yuke Sampurna sendiri menyebut, secara kemampuan teknik dan keterampilan memetik bas, mungkin dirinya bisa kalah dari pemain bas Indonesia lainnya.

Akan tetapi, lanjut Yuke Sampurna, sebagai pemain bas profesional, dirinya patut bangga karena punya bayaran yang tinggi sebagai pemain bas.

Baca juga: Yuke Sampurna: Kalau Perlu Ahmad Dhani Jadi Presiden, Saya Dukung

“Kalau Thomas Gigi bassist ter Teknik, Ahmad Sahara bassist ter-skill, kalau Hari Firman ter-jazz, kalau saya, Yuke Sampurna bassist termahal,” ucap Yuke Sampurna.

Diketahui, saat ditawari Ahmad Dhani menjadi additional player untuk posisi bas di Dewa 19, Yuke Sampurna memang sudah mematok syarat dengan meminta bayarannya disamakan dengan personel tetap Dewa 19 lainnya.

Lantaran gaya permainannya yang khas, Yuke Sendiri yang semula bergabung menjadi additional player resmi menjadi personel tetap Dewa 19 sejak tahun 2004 sampai sekarang.

Baca juga: Iwa K Menikah Lagi, Yuke Sampurna Merasa Disalip

Sebagai informasi, Yuke Sampurna lahir pada 19 Juni 1968. Yuke Sampurna merupakan personel The Groove sejak band jazz itu merilis album perdana bertajuk Kuingin yang dirilis tahun 1999.

Yuke Sampurna bergabung dengan Dewa 19 tahun 2002 sampai sekarang.

Yuke Sampurna yang dikenal menjadi salah satu pemain bas top ini merupakan mantan suami Kikan Namara atau Kikan Cokelat. Mereka menikah pada tahun 2002 dan berpisah pada tahun 2007.

Baca juga: Dewa 19 Siap Gelar Konser Mukadimah Cinta

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com