Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara Martin Scorsese Akhirnya Ungkap Alasan Tak Pernah Menonton Filmnya Sendiri di Bioskop

Kompas.com - 30/01/2024, 13:47 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Sutradara gaek Martin Scorsese buka-bukaan soal alasan dirinya tidak menonton film garapannya sendiri di bioskop.

Sutradara, yang baru-baru ini merilis film terbarunya Killers Of The Flower Moon, menjelaskan bahwa dia menghindari menyelinap ke pemutaran filmnya.

Martin Scorsese mengaku, alasan fisik membuat dirinya tak menonton pemutaran filmnya sendiri di bioskop.

Baca juga: Leonardo DiCaprio Cekoki Martin Scorsese Film Studio Ghibli

Martin Scorsese mengaku seringkali terhalangi di bioskop lantaran ukuran tubuhnya yang mungil.

“Saya tidak melakukan itu. Orang-orang banyak berbicara dan berpindah-pindah. Saya pendek dan selalu ada orang besar di depan saya,” ujar Martin Scorsese kepada Variety, dikutip Selasa (30/1/2024).

“Sama halnya dengan Broadway – saya tidak bisa pergi ke teater. Ada seseorang di depan saya, dan saya tidak bisa melihat panggung atau mendengar pertunjukannya,” imbuh Martin Scorsese.

Baca juga: 5 Cerita Martin Scorsese tentang di Balik Layar Killers of the Flower Moon

Martin Scorsese menambahkan bahwa dia telah menjadi penggemar berat IMAX seiring bertambahnya usia.

“Masuklah, Anda bisa duduk di belakang dan Anda seperti melihat ke atas. Pemutaran reguler, saya mendapati penonton menjadi lebih ramai dibandingkan sebelumnya,” ucap Martin Scorsese.

Bagi Martin Scorsese, menonton film di bioskop dengan spek IMAX telah mengingatkannya pada bioskop di era 1950an.

Baca juga: Martin Scorsese Sebut The Wager Akan Jadi Film Selanjutnya, Kembali Dibintangi Leonardo DiCaprio

“Tapi mungkin selalu seperti di tahun 50-an ketika kita sering berteriak ke arah layar. Namun sangat penting bagi saya untuk mendukung film saat diputar di layar lebar. Saya hanya menunggu sebentar,” kata Martin Scorsese.

Martin Scorsese yang berusia 81 tahun ini baru saja mencatatkan rekor dengan menjadi sutradara yang masih hidup dengan nominasi Oscar terbanyak setelah mendapatkan nominasi Oscar ke-10 untuk Killers Of The Flower Moon, melampaui sembilan nominasi raihan Steven Spielberg.

Pada nominasi Oscar 2024, Martin Scorsese akan bersaing dengan Christopher Nolan untuk Oppenheimer, Justine Triet untuk Anatomy Of A Fall, Yorgos Lanthimos untuk Poor Things dan Jonathan Glazer untuk The Zone Of Interest di Academy Awards mendatang.

Baca juga: Martin Scorsese Jelaskan Alasan Killers of the Flower Moon Harus Tayang di Bioskop

Sementara itu, kolaborator tetap Martin Scorsese, yakni aktor Leonardo DiCaprio baru-baru ini mengungkapkan bahwa dia mengalihkan perhatian Martin Scorsese kepada film garapan Studio Ghibli dengan merekomendasikan dua film besutan animator Hayao Miyazaki.

“Saya ditanya film apa yang saya perkenalkan kepada Anda, tetapi mengingat Anda telah menonton setiap film yang pernah dibuat hingga tahun 1980, sulit untuk mengatakannya,” katanya kepada Martin Scorsese saat wawancara dengan Letterboxd.

“Selain mungkin Spirited Away – film Miyazaki – dan mungkin Princess Mononoke,” sahut Leonardo DiCaprio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com