Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Waris Johnny Ramones Menggugat Film Biopic Joey Ramones dari Netflix

Kompas.com - 26/01/2024, 18:32 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Ahli waris Johnny Ramones menggugat Mickey Leigh atas film biopic tentang Joey Ramones berjudul I Slept With Joey Ramone, yang dibintangi Pete Davidson yang segera tayang.

Menurut Billboard, janda Johnny Ramones, Linda, mengajukan gugatan di pengadilan Manhattan pada Sabtu (21/1/2024), mengklaim bahwa Leigh – nama asli Mitchel Hyman – “secara diam-diam mengembangkan film biografi berbasis Ramones yang tidak disetujui dan tidak sah” berdasarkan sisi sejarah band punk legendaris Ramones.

Meskipun gugatan tersebut tidak secara eksplisit menyebut Netflix sebagai tergugat dalam kasus tersebut, perwakilan Linda Ramones menyatakan, film yang dimaksud didasarkan pada memoar Leigh, I Slept With Joey Ramone, yang diumumkan Netflix akan diproduksi pada tahun 2021.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Judy is a Punk – Ramones

Sementara platform streaming tersebut kemudian menyatakan bahwa film tersebut mendapat dukungan dari pihak Joey Ramones, gugatan Linda menolak produksinya kecuali jika film tersebut juga mendapat persetujuannya.

Linda dan Leigh keduanya memiliki bagian yang sama dalam kekayaan intelektual Ramones, dan mewakili masing-masing aset properti milik Johnny dan Joey Ramones.

"Nyonya Ramones keberatan dengan upaya tergugat untuk membuat film Ramones tanpa keterlibatannya – bukan karena keras kepala, melainkan didasarkan pada pengabaian terdakwa terhadap aset [Ramones] dan perilaku serta perlakuan mereka terhadap Nyonya Ramone dan mendiang suaminya,” tulis pengacara Linda seperti dilansir Billboard, Jumat (26/1/2024).

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu I Wanna Be Sedated oleh Ramones

“Membiarkan tergugat sendiri menceritakan kisah resmi Ramones merupakan ketidakadilan terhadap band dan warisannya,” tambah pengacara Linda.

Laporan Billboard mencatat bahwa gugatan Linda Ramones juga menimbulkan berbagai tuduhan lain yang melibatkan Leigh dan David Frey, yang ditunjuk Leigh untuk mengawasi perusahaan induk Ramones.

Pengacaranya mengklaim bahwa pasangan tersebut telah salah mengelola perusahaan dan menahan pembayaran darinya, menuduh bahwa mereka tampaknya bersedia untuk “membiarkan warisan band tersebut membusuk”.

Baca juga: Lirik dan Chord Blitzkrieg Bop, Singel Debut Band Punk Rock Ramones

“Terlihat dari tindakan terdakwa yang terus berlanjut bahwa tujuan utama mereka adalah menyiksa Ms. Ramone sampai dia setuju untuk menjual kepentingannya. Sangat disesalkan, Terdakwa nampaknya bersedia membiarkan warisan band ini membusuk, demi kepentingan pribadi mereka,” tulis pihak Linda.

Sebagai perwakilan Johnny dan Joey Ramones, yang masing-masing meninggal karena komplikasi kanker pada tahun 2004 dan 2001, Linda dan Leigh mempertahankan hubungan hukum yang kurang menguntungkan selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2019, mereka menyelesaikan perselisihan berkepanjangan mengenai penggunaan nama Ramones, setelah Linda mengubah nama belakangnya menjadi Ramones pada tahun 2014, secara ilegal menggunakan nama Ramones di media sosial, dan bermaksud mengganti nama rumahnya di Los Angeles menjadi properti Ramones.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu This Ain’t Havana - Ramones

Arbitrase tersebut mengakibatkan Linda Cummings-Ramones dilarang mengganti nama rumahnya menjadi Ramone Ranch, meskipun dia diizinkan untuk menamainya Johnny Ramones Ranch atau Linda Ramone Ranch sebagai gantinya.

Leigh juga dilarang menghalangi upaya Linda untuk mendapatkan merek dagang atas nama Johnny Ramones dan Linda Ramones.

Ada pun, film biopic Joey Ramones diumumkan akan ditulis bersama oleh Pete Davidson dan disutradarai oleh kolaborator tetapnya, Jason Orley.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Something to Believe In - Ramones

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com