Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Nana Mirdad Temukan Bayi di Semak-semak Dekat Rumahnya

Kompas.com - 21/01/2024, 07:36 WIB
Cynthia Lova,
Ira Gita Natalia Sembiring

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Artis Nana Mirdad membagikan cerita bahwa ia menemukan bayi baru lahir yang dibuang di semak-semak sekitar rumahnya.

Lewat Instagram-nya, Nana membagikan foto bayi tersebut diselimuti kain dan berada dalam pelukannya.

Nana bercerita awalnya yang menemukan bayi tersebut adalah asisten rumah tangganya. Bayi itu ditemukan di semak belukar dekat rumah Nana Mirdad.

Baca juga: Nana Mirdad Kangen Bintangi Film Genre Drama

Saat ditemukan, kondisi bayi itu memprihatikan. Bayi malang itu dibiarkan tanpa pakaian dengan tali pusar yang masih utuh.

“Siang ini, emba dirumah nemuin bayi baru lahir dibuang di semak2 dekat rumah.. Telanjang, masih ada tali pusar. Tanpa alas, tanpa kain sepotongpun di badan anak ini... Ditaruh di tanah begitu saja," tulis Nana Mirdad dikutip dari akun @nanananamirdad_, Sabtu (20/1/2024).

Nana mengaku sangat terkejut bayi itu ditemukan di semak belukar. Sebab semak belukar itu kerap dilewati hewan liar yang bisa mengancam keselamatan bayi tersebut.

"Semak2 ini tempat banyak biawak dan anjing yang berkeliaran, bahkan kadang ular piton," tulis Nana.

Nana kemudian membawa bayi tersebut ke rumah sakit. Nana mengatakan, saat dibawa ke rumah sakit, bayi berjenis kelamin perempuan itu sudah membiru.

Baca juga: Nana Mirdad dan Daftar Sinetron yang Dibintanginya

"Bayi ini beruntung sekali masih selamat... Saat bayi ini dibawa ke rumah, kulitnya mulai membiru," tulis Nana.

Nana mengaku kesal dengan ibu dari bahi ini yang tak bertanggung jawab dan menelantarkan bayi baru lahir tersebut.

Ia berpesan kepada ibu yang menelantarkan bayi tersebut. Dia menyebut bahwa bayi yang dibuang ini sudah berada di tempat yang tepat.

Kondisinya semakin membaik meski sempat mengalami hypothermia.

"Siapa tau ibu nya yang membuang melihat story ini, asal tau saja, bayi ini sudah selamat.. Sehat... Sempat terkena hypothermia namun sudah diatasi oleh pihak UGD,” tulis Nana.

Nana tak abis pikir bayi tersebut dibuang di semak belukar. Menurut Nana, ada banyak opsi yang bisa apabila orangtuanya merasa tak mampu merawat anak yang baru dilahirkan.

"Jika memang tidak mau mengurus anak, banyak opsi selain membuang di semak belukar seperti ini. Hubungi dinas sosial, titipkan ke yayasan, dll.. Atau setidaknya, taruh di depan pagar rumah warga agar bayi ini bisa dirawat dengan layak..." tulis Nana.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com