Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catherine Wilson Gugat Cerai Balik Idham Masse, Ini Alasannya

Kompas.com - 10/01/2024, 14:48 WIB
Cynthia Lova,
Ira Gita Natalia Sembiring

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com- Artis Catherine Wilson menggugat cerai balik suaminya, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sidrap, Idham Mase.

Gugatan cerai itu dilayangkan Catherine pada 24 Desember 2023 dengan nomor register 32/Pdt.G/2024/PA DPK.

Kuasa hukum Catherine Wilson, Dody Hariyanto mengungkap alasan kliennya menggugat cerai balik sang suami.

Baca juga: Catherine Wilson dan Idham Masse Batal Cerai, PA Jakarta Selatan Gugurkan Gugatan


Kata Dody, salah satu alasan perceraian itu terjadi karena Catherine dan Dody tidak serasi usai lama tinggal terpisah atau berhubungan LDR.

Ditambah kesibukan keduanya membuat hubungan mereka semakin renggang.

“Nah pertanyaan pertama alasan mengajukan gugatan itu dikarenakan karena kehidupannya sendiri sudah terpisah. Catherine ada di Jakarta, suaminya sebagai legislator di Sulawesi, anggota dewan,” ujar Dody, di Pengadilan Agama Depok, Rabu (10/11/2024).

“Nah mungkin ini punya kesibukan masing-masing dan akhirnya mereka bersepakat bagaimana tidak paham detailnya Catherine balik ke rumah orangtuanya di Depok dan Pak Idham masih di Sulawesi,” lanjut Dody.

Baca juga: Catherine Wilson Bantah Ada Isu Orang Ketiga dan KDRT di Rumah Tangganya

Dody mengatakan, jarak tempat tinggal antara Idham dan Catherine yang terpaut jauh membuat hubungan rumah tangga mereka tak lagi harmonis. Kata Dody, Idham dan Catherine sudah hampir satu tahun tak tinggal satu atap.

“Kalau namanya percekcokan dalam rumah tangga tentunya ini kan jelas dengan tidak satu rumah dan sudah pisah ranjang, dan pisah rumah, dan tidak tinggal dalam satu atap itu sudah dipastikan bahwa mereka sudah tidak ada keharmonisan,” kata Dody.

“Kalau pisahnya (rumahnya) sendiri sudah lebih kurang hampir setahun,” lanjut Dody.

Selain karena soal jarak dan kesibukan masing-masing, gugatan cerai itu timbul karena kurangnya jumlah nilai nafkah yang diberikan Idham Masse kepada Catherine.

“Jadi saya katakan kalau pertanyaannya apakah memberikan nafkah? ya kalau memberikan nafkah itu mungkin tetap memberikan nafkah, mungkin nilainya sedikit berkurang. Itu informasi dari klien saya,” ucap Dody.

Meski demikian, Dody mengatakan, Catherine ingin bercerai baik-baik dengan Idham Masse.

Baca juga: Proses Cerai dari Catherine Wilson, Idham Masse Tak Tuntut Harta Gana-gini

“Saya sudah bertanya kepada klien saya peristiwa hukumnya adalah satu bahwa sudah tidak ada keserasian. Dua, tidak ada anak, ketiga, juga tidak ada harta gana-gini selama masa perkawinan. Jadi tidak ada bertengkar, jadi pure gugatan Ibu Catherine itu hanya sebatas mau bercerai secara baik-baik,” tutur Dody.

Sebagai informasi, Catherine Wilson dan Idham Mase menikah pada 1 Oktober 2022.

Idham Masse mengajukan permohonan cerai pada 9 Oktober 2023. Berkas permohonan cerai talak itu teregister pada 3455/Pdt.G/2023/PAJS.

Namun, sayangnya kasus perceraian Catherine Wilson dan Idham Mase di Pengadilan Agama Jakarta Selatan dibatalkan karena baik tergugat dan penggugat tidak pernah hadir.

Pada 24 Desember 2023 akhirnya Catherine Wilson mengajukan gugatan cerai terhadap Idham Mase ke Pengadilan Agama Depok dengan nomor register 32/Pdt.G/2024/PA DPK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com