Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Andre Taulany untuk Ndhank Surahman: Ingat, Stinky Besar Bukan Jasa Satu Orang

Kompas.com - 09/01/2024, 16:13 WIB
Melvina Tionardus,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komedian sekaligus eks vokalis band Stinky, Andre Taulany, memiliki dua pesan untuk mantan rekannya, Ndhank Surahman.

Pesan ini terkait somasi Ndhank yang melarang Andre dan band Stinky Reborn untuk menyanyikan lagu "Mungkinkah" yang diciptakan Ndhank dan Irwan Batara.

Ndhank merasa royalti yang ia dapat sangat kecil nominalnya.

Andre mendukung apabila Ndhank mau memperjuangkan haknya.

Baca juga: Andre Taulany: Saya Enggak Lupa Kok Asal Saya dari Stinky

"Tetapi Ndhank juga harus tahu cara perjuangkan dengan baik. Sudah ada lembaga, aturan, kalau mau mengubah, mengevaluasi, bersama-sama ke lembaga yang menetapkan aturan ini. Jangan somasi A somasi B, bukan di situ alasannya," kata Andre Taulany dalam konferensi pers di daerah Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (9/1/2024).

Maksud Andre, dengan menghubungi langsung lembaga kolektif tersebut supaya tidak terjadi kisruh karena jika semua pencipta lagu melayangkan somasi, maka masalah tidak akan selesai.

"Kedua, enggak usahlah mengungkit-ungkit jasa buat saya, berjasa atau segala macam. Ingat, Stinky besar itu bukan jasa satu orang, tapi berlima, semuanya punya jasa. Terlepas besar kecilnya persentase tetap aja ada jasanya, jadi enggak usah ungkit-ungkit soal itu," ucap Andre Taulany.

Baca juga: Dilarang Nyanyikan Lagu Mungkinkah, Andre Taulany: Masih Banyak Lagu Lain

Andre meyakinkan ia tidak pernah lupa asal usulnya ialah dari band Stinky.

Akan tetapi menurut Andre, ia bisa seperti sekarang bukan karena mendompleng nama Stinky melainkan karena kreativitasnya.

Andre tidak menginginkan ada permusuhan dan mendukung hak royalti Ndhank.

Jika mau menuntutnya, Andre meminta data yang jelas dan legalitas secara hukum yang kuat.

Baca juga: Ndhank Surahman Beri Somasi Kedua dan Ancam Laporkan, Andre Taulany: Saya Enggak Salah, Kenapa Takut?

"Kalau nuntut-nuntut enggak ada kejelasan kayak gini itu sama aja dengan pemerasan, malak jadinya. Enggak ada apa-apa, tapi tiba-tiba ‘Gue tuntut lu Rp 35 miliar’ enggak ada dasar apa-apa, itu sama aja kayak malak. Kan terkesannya seperti itu," ujar Andre.

Sebelumnya, Andre mengatakan setiap penampilannya dengan lagu "Mungkinkah" telah dibayar oleh event organizer ke LMKN yang seharusnya disalurkan ke Ndhank.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com