Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konser "An Anime Symphony" Suguhkan Soundtrack Naruto hingga One Piece

Kompas.com - 07/12/2023, 19:14 WIB
Vincentius Mario,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta Concert Orchestra (JCO) siap menggelar konser musik anime perdana bertajuk An Anime Symphony pada Sabtu (9/12/2023) di Gedung Teater Jakarta, TIM, Jakarta Pusat.

Di bawah arahan konduktor Avip Priatna, JCO akan membawakan karya-karya favorit dari beberapa animasi Jepang terkenal seperti Studio Ghibli, Kim no Na wa, One Piece, Attack on Titan, Naruto Shippuden, hingga Doraemon.

Avip menjelaskan alasan mengangkat lagu-lagu anime ke dalam musik orkestra.

"Konser musik klasik itu juga kan punya pengaruh ke karya lain, salah satunya musik di anime. Anime itu kan salah satu karya penting di Jepang, mungkin mereka lebih berhasil dibandingkan film-film di Jepang. Menjadi menarik karena anime ini jadi tontonan keluarga, dari berbagai umur," kata Avip dalam konferensi pers di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (7/12/2023).

Baca juga: Jakarta Concert Orchestra Siap Konser Simfoni untuk Bangsa, Temanya Koes Plus

Avip menambahkan, ada 25 lagu yang dibawakan JCO dengan orkestrasi yang mapan.

Lagu-lagu tersebut juga dinyanyikan oleh penyanyi Pepita Salim, Farman Purnama, Stefani Yang, dan beberapa dari Batavia Madrigal Singer.

"Mungkin ini bisa dikaitkan dengan sountrack atau scoring. Di beberapa nomor, ada yang kami bawakan scoring animenya, yang bukan lagu. Tapi sebagian besar adalah lagu terkenal dari anime ini yang dibawakan secara orkestra," jelas Avip.

Sementara, bagi Pepita Salim, inilah kali pertama dia menyanyi dalam bahasa Jepang.

Baca juga: 10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik, Menghias Imajinasi dan Emosi

"Kesulitannya, karena di sini nyanyi pakai bahasa Jepang. Ini pertama kalinya nyanyi pakai bahasa Jepang dan aku memang tidak terlatih untuk berbahasa Jepang," tutur Pepita.

Tiket konser An Anime Symphony dinyatakan sudah sold out sejak penjualan dibuka tanggal 9 dan 14 November 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com