Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JESEDEF Sajikan Format Hitam Putih, Ernest Prakasa Bantah Hemat Biaya

Kompas.com - 28/11/2023, 18:49 WIB
Vincentius Mario,
Ira Gita Natalia Sembiring

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produser film Ernest Prakasa menjelaskan soal format hitam putih dalam film Jatuh Cinta seperti di Film-film (JCSDFF) atau JESEDEF.

Sebagai informasi, film terbaru produksi Imajinari itu menyajikan 80% visual dalam format hitam putih, sesuai permintaan sutradara Yandy Laurens.

Ernest menyebut tak ada penghematan sama sekali meskipun film tersaji dalam hitam putih.

"Sebenarnya enggak ada penghematan. Sama sekali enggak ada. Jutsru secara proses tidak ada yang dihemat. Film ini tidak 100 persen hitam putih, ada 80 persen," kata Ernest dalam program Hype Talk Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Makna Format Hitam Putih dalam Film Jatuh Cinta Seperti di Film-film

Sebaliknya, Ernest menyebut penyajian film JESEDEF dalam format hitam putih menuntut kerja ekstra dari tim artistik.

"Justru tim artistik ekstra riset. Misalnya abu-abu dan merah. Ketika dijadikan monokrom hitam putih, bisa jadi sama, enggak kontras sama sekali. Jadi itu sebenarnya pekerjaan tambahan. Justru lebih, enggak ada yang dihemat, itu sama saja," jelas Ernest.

Ernest menambahkan, hitam putih disajikan karena permintaan langsung dari sutradara Yandy Laurens.

"Gue percaya ketika seorang pencerita bikin cerita, di balik what pasti ada why. Kenapa cerita ini harus dinaikkan dan dibuat seperti ini. Gue tanya ke Yandy," ucap Ernest.


Baca juga: Trailer Perdana Film Jatuh Cinta Seperti di Film-Film Rilis, Tampilkan Visual Hitam Putih


"Bahwa cerita ini berangkat dari duka ketika Papa dan Kakak perempuan Yandy meningngal dalam waktu berdekatan. Dia melihat dari sebuah dunia, ibunya hidup dalam dunia hitam putih saking berdukanya," lanjut Ernest.

Sebagai produser, Ernest menganggap alasan Yandy tersebut tidak bisa diperdebatkan lagi.

"Interpretasi itu yang membuat gue pikir film ini adalah sesuatu yang non-negotiable. Kalau gue mau ambil ya harus sepaket sama itu," tutur Ernest.

Baca juga: Ernest Prakasa Punya Kekhawatiran Usung Konsep Baru di Film Jatuh Cinta Seperti di Film-Film

Disutradarai oleh Yandy Laurens, Jatuh Cinta seperti di Film-film akan dirilis di bioskop Indonesia pada 30 November 2023.

Film ini menampilkan pemeran utama Nirina Zubir dan Ringgo Agus Rahman, setelah keduanya membintangi film Keluarga Cemara.

Ada juga Alex Abad, Sheila Dara, Dion Wiyoko dan Julie Estelle.

Film produksi Imajinari ini mengisahkan Hana dan Bagus, dua tokoh yang saling jatuh cinta dan ceritanya diangkat ke dalam sebuah film.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com