Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bloc Party Ajak Jakarta Nostalgia Setelah Satu Dekade

Kompas.com - 26/11/2023, 00:46 WIB
Nibras Nada Nailufar

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bloc Party, band indie rock asal London, Inggris berhasil hadirkan nostalgia di hari kedua Joyland Festival, Jakarta, Sabtu (25/11/2023).

Band besutan Kele Okereke itu tampil tepat waktu, sekitar pukul 21.15 WIB, tepat setelah The Adams merampungkan set di panggung sebelah. The Adams kebetulan adalah band pembuka ketika Kele dkk pertama manggung di Jakarta pada satu dekade lalu, tepatnya 20 Maret 2013.

Mereka membuka set dengan lagu "In Situ" yang terdapat di album keenam mereka, "Alpha Games".

Kele beberapa kali menyapa penonton di antara lagu yang dibawakan, tak jarang memanggil penonton dengan panggilan kasar khas "London Bloke".

"We're so excited and that is the truth," kata Okereke sebelum lagu kedua yang dimainkan, You Should Know the Truth.

Walau sebagian besar penonton berusia muda, sekitar 20-an, tak jarang juga melihat mereka yang "sudah berumur" dengan uban di rambut dan kerutan di mata. Mereka-mereka inilah para penggemar yang kemungkinan sudah mendengar Bloc Party sejak band ini pertama merilis album Silent Alarm di 2005.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Truth - Bloc Party

Tentu saja, single-single dari album tersebut paling dinanti penonton. Tepuk tangan dan teriak para penonton tak tertahankan ketika "Banquet" dibawakan tanpa jeda dari lagu "Song for Clay".

Begitu pula dengan "She's Hearing Voices", dan "Helicopter" yang dibawakan sebelum dua lagu terakhir.

"Sudah satu dekade setelah kami pertama ke Jakarta. Siapa yang hadir waktu itu?" tanya Kele yang dijawab dengan beberapa tangan yang terangkat.

Para penonton menyanyi dengan semangat, terbawa suasana nostalgia, mengingat ketika lagu-lagu tersebut menjadi soundtrack masa muda mereka.

Bloc Party juga membawakan beberapa lagu teranyar seperti "High Life" dan "Blue" yang dirilis tahun ini. Mereka kemudian menutup set dengan "Ratchet".

Bloc Party menjadi salah satu dari beberapa penampil internasional di Joyland Festival. Di hari kedua, ada Homeshake, Mildlife, Squid, Wednesday Campanella, Bayangan, CURB, Glass Beams, dan Luby Sparks. Ada pula Fleet Foxes yang menjadi penampil terakhir.

Di hari ketiga, Minggu (26/11/2023), bakal ada Interpol yang menjadi co-headline atau "gandengan" Bloc Party di tur mereka sepanjang 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com