Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BLACKPINK Terima Gelar Kehormatan MBE dari Raja Charles

Kompas.com - 23/11/2023, 13:04 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Girl grup Kpop BLACKPINK telah dianugerahi medali Anggota Kehormatan Orde Kerajaan Inggris oleh Raja Charles.

BLACKPINK – terdiri dari Jennie, Jisoo, Lisa dan Rosé – dianugerahi medali pada tanggal 22 November, saat kunjungan kenegaraan ke Inggris bersama Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol.

BLACKPINK menerima Member of the Order of the British Empire (MBE) “sebagai pengakuan atas peran mereka sebagai Advokat untuk KTT COP26 di Glasgow”, kata perwakilan Istana Buckingham.

Baca juga: BLACKPINK Makan Malam Bareng Raja Charles III di Istana Buckingham Inggris

Raja Charles menyampaikan rasa kagumnya kepada BLACKPINK saat memberikan gelar kehormatan itu.

“Sungguh menakjubkan Anda masih bisa berbicara satu sama lain setelah bertahun-tahun,” kata Raja Charles sambil bercanda kepada band tersebut pada upacara tersebut, menurut Reuters.

“Saya harap saya dapat melihat Anda tampil secara langsung suatu saat nanti,” tambah Raja Charles.

Baca juga: BLACKPINK Dikabarkan Perbarui Kontrak Group dengan YG Entertainment

Raja Charles juga menyebut BLACKPINK dalam jamuan kenegaraan di Istana Buckingham, yang diadakan pada tanggal 21 November.

“Sangat menginspirasi melihat generasi muda Korea merangkul perjuangan ini,” kata Raja Charles, menurut PEOPLE.

“Saya memuji Jennie, Jisoo, Lisa dan Rosé, yang lebih dikenal sebagai BLACKPINK, atas peran mereka dalam menyampaikan pesan kelestarian lingkungan kepada khalayak global sebagai Duta Kepresidenan Inggris pada COP26, dan kemudian sebagai pendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB," kata Raja Charles menambahkan.

Baca juga: Imbas Diduga Tonton Crazy Horse Lisa Blackpink, Kini Akun Weibo Angelababy Dihapus

Dalam pidatonya, Raja Charles juga berbicara tentang pengaruh Korea yang semakin besar terhadap budaya pop.

Raja Charles melihat Korea sudah memiliki pengaruh yang tak jauh berbeda dengan Inggris ihwal budaya pop.

“Korea telah menjodohkan Danny Boyle dengan Bong Joon-ho, James Bond dengan Squid Game, dan The Beatles ‘Let It Be’ dengan ‘Dynamite’ milik BTS,” ucap Raja Charles.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Tentang Lagu “You and Me” dari Jennie BLACKPINK

“Kebudayaan kita mempunyai kemampuan yang luar biasa untuk memikat imajinasi di seluruh dunia, mengubah apa yang disebut soft power menjadi negara adidaya bersama,” imbuh Raja Charles.

Di hari yang sama, saat pergantian petugas penjaga di luar Istana Buckingham, sebuah band militer dari Kerajaan Inggris memainkan dua lagu Kpop untuk menghormati tamu Korea Selatan mereka. Termasuk lagu “Ddu-Du Ddu-Du” milik BLACKPINK dan hit viral Psy tahun 2012 berjudul “Gangnam Style”.

Dalam berita BLACKPINK lainnya, girl grup tersebut bekerja sama dengan Meta untuk meluncurkan konser virtual pertama mereka.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Tentang Lagu “You and Me” dari Jennie BLACKPINK

Konser virtual ini bertajuk BLACKPINK: A VR Encore, yang diluncurkan pada tanggal 26 Desember 2023, akan menjadi rekreasi dari pertunjukan final spesial grup tersebut untuk tur dunia Born Pink mereka di Gocheok Sky Dome, Seoul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com