Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rieke Diah Pitaloka Luncurkan Buku Baru dan Rencana Kuliah Lagi

Kompas.com - 23/11/2023, 10:54 WIB
Sania Mashabi,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Rieke Diah Pitaloka meluncurkan buku yang diangkat dari disertasinya, Kekerasan Simbolik Negara: Kebijakan Rekolonisasi, Rabu (22/11/2023).

"Alhamdulillah hari ini terima kasih untuk semuanya yang selalu men-support dan mendoakan saya akhirnya bisa launching dan publish pertama kalinya di kampus tempat saya mengambil ilmu dari S1, S2, S3 di komunikasi FISIP UI," kata Rieke di Auditorium Komunimasi UI, Depok, Jawa Barat, Rabu (22/11/2023).

Rieke mengatakan, proses menyelesaikan disertasi dan bukunya kali ini tidak mudah karena ia harus mengerjakannya sambil bekerja dan mengurus anak.

Ditambah lagi, saat pengerjaan disertasi agak terhambat karena Covid-19.

Baca juga: Rieke Diah Pitaloka Luncurkan Buku dari Hasil Disertasinya

"Sambil kerja, sambil ngurus anak, sambil suasana Covid juga, selain ada tugas yang diselesaikan, mencapai disertasi, setelah itu bagaimana bisa jadi buku, dan ini bisa di-share ke banyak orang," ujarnya.

Selain itu, Rieke juga harus banyak melibatkan warga desa untuk mendapatkan data hasil penelitian yang diinginkan.

Pemeran Oneng dalam serial Bajaj Bajuri ini pun mengalami kesulitan, terutama dalam proses pencetakan yang mengharuskan lipatan khusus untuk menujukkan hasil penelitiannya dalam bentuk peta.

"Karena ini adalah temuan masyarakat desa jadi yang mengerjakan ini adalah masyarakat desa dan saya ingin mereka terabadikan dalam buku ini dengan baik," ucap Rieke.

Baca juga: Rieke Diah Pitaloka Sempat Ragu Luncurkan Buku tentang Kekerasan Simbolik Negara

Rencana kuliah lagi

Rieke Diah Pitaloka meraih gelar Doktor Ilmu Komunikasi setelah menjalani sidang promosi di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Rabu (25/5/2022).

Rieke tercatat meraih gelar Doktor Ilmu Komunikasi tercepat di FISIP UI tanpa cuti dengan nilai cumlaude. Adapun masa studi yang ditempuhnya yakni 2 tahun 8 bulan 2 hari.

Setelah menyelesaikan disertasi dan bukunya, Rieke juga berencana kuliah lagi pada tahun 2024 mendatang.

"Insya Allah tahun depan (kuliah lagi)," kata Rieke di Auditorium Komunimasi UI, Depok, Jawa Barat, Rabu (22/11/2023).

Rieke mengatakan, ia merasa senang jika bisa terus belajar dan memperkaya ilmu yang dimiliki.

"Kenapa sih harus kuliah, karena ini menjadi legalitas akademik, supaya sebagai politisi juga ini bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah," tutur Rieke Diah Pitaloka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com