Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MTV EMA 2023 Tetap Umumkan Daftar Pemenang meski Batal Gelar Malam Penghargaan

Kompas.com - 07/11/2023, 13:10 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Salah satu ajang penghargaan musik global yang bergengsi, MTV EMA, batal menggelar malam puncak penghargaan.

Seharusnya, MTV EMA 2023 menggelar malam puncak penghargaannya di pusat pameran Paris Nord Villepinte, Paris, Prancis pada Minggu (5/11/2023).

Meski membatalkan malam puncak penghargaan, MTV EMA tetap mengumumkan daftar pemenang dari semua kategori nominasi untuk tahun 2023 ini.

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang MTV EMA 2023, Taylor Swift Terbanyak

Pengumuman pemenang sendiri dilakukan melalui situs web dan akun resmi media sosial MTV EMA. Para pemenang ditentukan dari vote atau suara yang diberikan penggemar, termasuk untuk kategori Best Artist dan Best Song.

Ada pun, Taylor Swift menjadi pemenang terbanyak di MTV EMA 2023, mengamankan penghargaan untuk kategori Best Artist, Best Live, dan Best Video.

Namun, pada Minggu (5/11/2023), yang seharusnya menjadi tanggal acara EMA, MTV merilis daftar pemenangnya. Jungkook, Maneskin dan Nicki Minaj masing-masing memenangkan dua penghargaan.

Baca juga: Daftar Nominasi MTV EMA 2023

Jungkook BTS memenangkan kategori Best Kpop dan Best Song untuk lagu “Seven” yang featuring dengan Latto, Maneskin memenangkan Best Rock dan Best Italian Act, sementara Minaj mendapatkan Best US Act dan Best Hip-Hop.

Billie Eilish memenangkan Best Pop Act setelah bersaing dalam nominasi dengan Dua Lipa, Ed Sheeran, Miley Cyrus, Olivia Rodrigo, dan Taylor Swift.

Batalnya malam puncak penghargaan MTV EMA 2023 lantaran penyelenggara turut bersimpati dengan apa yang terjadi di Jalur Gaza, Palestina.

Baca juga: Taylor Swift Dominasi Daftar Nominasi di MTV EMA 2023

Diketahui, perang antara Hamas-Israel belakangan ini telah memakan ribuan korban jiwa, bahkan banyak anak-anak dan perempuan di antaranya.

“Ini tidak terasa seperti momen untuk perayaan global. Dengan ribuan nyawa yang telah hilang, ini adalah momen berkabung,” kata penyelenggara MTV EMA seperti dilansir NME, Selasa (7/11/2023).

Baca juga: Respons Tiara Andini Saat Tahu Akan Bertemu Jungkook BTS di MTV EMA 2023

Penyelenggara MTV EMA merasa ini bukan waktu yang tepat untuk mengadakan sebuah perayaan secara global di tengah peperangan yang sedang terjadi di Jalur Gaza, Palestina.

Sehingga mereka memutuskan untuk membatalkan acara puncak MTV EMA tahun ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com