Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelola GBK Siapkan Crowd Control dan Tim Keamanan untuk Konser Coldplay

Kompas.com - 07/11/2023, 07:30 WIB
Cynthia Lova,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Analisa Pelayanan Stadion Utama GBK, Muhammad Trinugroho W, pihak pengelola telah komunikasi dengan pihak penyelenggara konser terkait Standar Operasional Prosedur (SOP) penggunaan SUGBK di konser Coldplay.

Salah satunya, menyiapkan crowd control atau tim kontrol kerumunan untuk kelancaran konser Coldplay yang diselenggaralan di Stadion Utama GBK pada 15 November 2023.

Diketahui, diperkirakan ada 70.000 penonton konser Coldplay yang hadir.

Baca juga: Konser di Jakarta, Coldplay Sewa GBK Selama 13 Hari

“Ada (crowd control) kita sudah menyiapkan. Dari SOP bangunan kami juga sudah ada, venue juga sudah ada SOP yang sudah kami jelaskan juga, dan itu jadi salah satu aturan kami ke event organizer,” ujar Trinugroho, di daerah Senayan, Senin (6/11/2023).

Selain tim crowd control, pihak pengelola juga juga sudah menyiapkan tim keamanannya selama konser Coldplay berlangsung.

Persiapan GBK, yang jadi venue konser ColdplayTim GBK Persiapan GBK, yang jadi venue konser Coldplay

Trinugroho mengatakan, pihak penyelenggara sudah melakukan survey keamanan sebelum konser berlangsung untuk memastikan lokasi venue aman.

Baca juga: Permintaan Khusus Coldplay Saat Konser, Pihak GBK: Soroti soal Plastik

“Jadi, sejak awal mereka survey keamanan, itu ada tim keamanan kami juga, tim pengelola unit juga ada, tim manajemen dari pusat juga ada. Itu kami rapat bareng, survey, lihat jalur evakuasi gimana, ruang control room di mana, ruang CCTV di mana,” kata Trinugroho.

“Terus nanti yang bertugas siapa aja, itu semua udah kita jalanin kemarin survey-nya dan sudah clear. Andilnya ya pasti ada, tim keamanan kita pasti akan ada andil, terutama di bagian luar,” lanjut Trinugroho.

Trinugroho mengatakan, akan bekerja sama dengan Polri untuk mengatur arus lalu lintas.

Baca juga: Persiapan GBK Jelang Konser Coldplay, dari Cabut Kursi, Pasang Grass Cover, hingga Modifikasi Jalur

“Nanti mengenai flow dan arus lalu lintas juga pasti akan koordinasi dengan Polri juga, dan semuanya sudah dilakukan semua, paling tinggal finalisasi aja nanti di Polda,” tutur Trinugroho.

Sebagai informasi, Coldplay pertama kalinya akan konser di Indonesia pada 15 November 2023.

Chris Martin dan personel lainnya akan menggelar konser bertajuk Music of the Spheres World Tour di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Tiket konser Coldplay sudah sold out sejak dijual pada Mei 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com