Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Ahmad Albar Jadi Bintang Film Saat Masih Kecil

Kompas.com - 02/11/2023, 18:55 WIB
Vincentius Mario,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Ahmad Albar pernah menjadi bintang film sebelum terjun ke dunia musik dan menjadi vokalis band legendaris God Bless.

Ketika itu, Ahmad Albar masih berusia 11 tahun. Dengan dukungan produser film Djamaludin Malik, Ahmad Albar debut di dunia akting dengan film Jenderal Kancil.

"Ayah Camelia Malik itu punya perusahaan film. Saat itu partnernya Usmar Ismail. Pada saat itu umur saya 10 atau 11, jadi saya ikut main di film Jenderal Kancil," kata Ahmad Albar dalam konferensi pers virtual, Kamis (2/11/2023).

Vokalis yang akrab disapa Iyek itu mengenang saat tiga kali ikut casting demi film tersebut.

Baca juga: Konser 50 Tahun God Bless Siap Digelar, Hadirkan Kaka Slank hingga Anggun

"Semangat aja. Tapi ya mengikuti casting pada saat itu. Sekitar 2 sampai 3 kali casting. Akhirnya saya diterima jadi jenderalnya. Jadi, kecil-kecil saya jadi jenderal," tutur Ahmad.

Ahmad Albar tak menyangka, film Jenderal Kancil dinobatkan sebagai film anak-anak terbaik di Festival Film Singapura.

"Bangga sekali. Karena pas saya di Belanda, saya malah dengar film Jenderal Kancil jadi film anak terbaik di Festival Film di Singapura. Saat itu, film itu diwajibkan untuk ditonton oleh anak-anak di SD Negeri," jelas Ahmad Albar.

Pria kelahiran 16 Juli 1946 itu suka bermusik sejak kecil.

Baca juga: Ahmad Albar Ungkap Inspirasi di Balik Rambut Kribonya

Dia sempat membentuk beberapa band. Sampai pada 1973, Ahmad Albar bersama beberapa orang, termasuk Donny Fatah dan Jockie Suryoprayogo, mendirikan God Bless.

Tahun ini, God Bless genap berusia 50 tahun.

Ahmad Albar tak menyangka perjalanan God Bless sebagai band bisa sejauh ini.

"Buat kami, God Bless itu besar sekali artinya. Kami semua hidup dari God Bless. Kami bangun dari awal, banyak jatuh bangun, ya kami bangga bisa bertahan sampai 50 tahun," tutup Ahmad Albar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com