Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buru-buru Dihapus, Unggahan G-Dragon di Tengah Penyelidikan Kasus Dugaan Narkoba Jadi Sorotan

Kompas.com - 02/11/2023, 09:06 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Idol Kpop, G-Dragon BIGBANG, yang baru-baru ini membantah tuduhan penggunaan narkoba, telah menjadi topik hangat karena unggahannya di Instagram.

Di tengah tuduhan penggunaan narkoba, G-Dragon mengunggah sebuah foto di Instagram story-nya pada tanggal 31 Oktober.

Meskipun foto tersebut dengan cepat dihapus, namun foto tersebut menyebar dengan cepat di antara para netizen di berbagai komunitas online dan media sosial.

Dari tangkapan layar yang kemudian beredar di media sosial, unggahan G-Dragon yang telah dihapus itu berisi istilah dan kutipan ajaran Budha seperti Jalan Mulia Berunsur Delapan 
dan pencerahan.

Baca juga: G-Dragon Siap Hadiri Pemeriksaan Polisi atas Dugaan Penyalahgunaan Narkoba

Terdapat definisi dari delapan praktik Buddhis dalam Jalan Mulia Berunsur Delapan (Ariya Atthangiko Magga).

Yaitu, pandangan benar, tekad benar, ucapan benar, perbuatan benar, mata pencarian benar, usaha benar, perhatian benar, dan samadhi (meditasi).

Foto tersebut juga menyebutkan Pencerahan, yang mengacu pada keadaan mencapai tingkat tertinggi dalam ajaran Budha, ketika seorang Buddhis menemukan kebenaran tentang kehidupan dan berhenti terlahir kembali karena mereka telah mencapai Nirwana.

Netizen yang melihat hal ini berspekulasi bahwa G-Dragon, yang sedang diselidiki atas tuduhan narkoba namun dengan tegas membantah penggunaan narkoba, mungkin sedang mengekspresikan kondisi pikirannya saat ini.

Baca juga: Yakin Tak Bersalah, G-Dragon Disebut Rela Keluarkan Rp 23 Miliar untuk Sewa Pengacara

Banyak yang mengungkapkan pendapat mereka bahwa ia menekankan ketidakbersalahannya dengan menyangkal penggunaan narkoba.

Sebelumnya, pada tanggal 25 Oktober, unit investigasi kejahatan narkoba dari Badan Kepolisian Metropolitan Incheon melaporkan G-Dragon dengan tuduhan melanggar undang-undang narkoba.

Namun, G-Dragon mengaku tidak bersalah dan menyatakan bahwa ia tidak menggunakan narkoba.

“Ini saya Kwon Ji Yong (nama asli G-Dragon). Pertama, (klaim) bahwa saya menggunakan narkoba tidak benar,” tulis G-Dragon dalam surat pernyataannya dikutip dari Soompi, Jumat (27/10/2023).

“Saya tahu banyak orang yang khawatir, saya akan secara aktif bekerja sama dengan penyelidikan polisi dan akan berpartisipasi lebih giat lagi,” tutur G-Dragon.

Belakangan, perwakilan hukum G-Dragon sekali lagi membantah tuduhan penggunaan narkoba dan menyerahkan pernyataan kehadiran sukarela kepada polisi, menunjukkan niatnya untuk bekerja sama sepenuhnya.

Idol dengan nama asli Kwon Ji Yong itu saat ini sedang mempersiapkan diri untuk hadir secara sukarela untuk diinterogasi pada tanggal 6 November.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com