Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nirvana Dalam Kenangan, Ingatan Dave Grohl dan Penghormatan Kurt Cobain

Kompas.com - 23/10/2023, 13:24 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Dave Grohl, Krist Novoselic dan Steve Albini telah membahas klaim bahwa kesuksesan band legendaris Nirvana telah bertentangan dengan prinsip mereka.

Ketiganya muncul di podcast Conan O’Brien, Conan Needs A Friend, di mana episode mereka akan dirilis pada Senin (23/10/2023).

Dalam klip preview eksklusif dari Billboard, Dave Grohl, Novoselic, yang merupakan eks personel Nirvana dan Steve Albini yang selaku produsernya membahas peringatan 30 tahun album Nirvana bertajuk In Utero yang diproduseri Steve Albini.

Baca juga: Lirik Lagu Nirvana, Terbaru dari Kang Daniel ft. pH-1 & WDBZ

Conan O’Brien bertanya apakah kesuksesan band ini bertentangan dengan latar belakang gaya dan prinsip bermusik mereka.

Merespons pertanyaan itu, Steve Albini mengatakan, dia sering menerima kritikan dari orang-orang “di luar budaya punk”, dengan mengatakan: “Saya tidak pernah mengalami hal yang benar-benar dari siapa pun di dunia punk yang bukan murni ekspresi kecemburuan.”

Steve Albini melanjutkan, penggemar Nirvana yang juga penggemar musik grunge memang ingin melihat band asal Seattle, Amerika ini sukses meskipun Kurt Cobain dan kawan-kawan membenci popularitas.

Baca juga: Gitar yang Pernah Dibanting Kurt Cobain Dilelang Seharga Rp 8,9 Miliar

“Secara keseluruhan, para penggemar Nirvana ingin Nirvana menjadi sukses, mandiri, dan dicintai,” kata Steve Albini.

Dave Grohl juga ikut mengungkapkan pandangannya tentang menavigasi kesuksesan Nirvana.

“Sebelum kami membuat rekaman album Nevermind, kami hidup dalam kemelaratan,” kata Dave Grohl untuk menggambarkan apartemen kecil yang menjijikkan yang ia tinggali bersama mendiang Kurt Cobain yang dipenuhi stik corndog dan puntung rokok.

Baca juga: Lagu Something In The Way Nirvana Kembali Melejit Berkat The Batman

“Saya akan melakukan apa pun untuk memiliki apartemen sendiri dan dapat melakukannya melalui pembuatan musik,” ucap Dave Grohl yang memiliki keyakinan musik dapat mengubah hidupnya saat itu.

“Saya tahu transisi terjadi dengan cepat, tetapi Anda tidak hanya mendapatkan 1 juta dolar di kotak surat Anda keesokan harinya,” tambah Dave Grohl berguyon.

Dave Grohl yang menjadi drummer Nirvana ini juga melanjutkan dengan mengatakan dia tidak merasa berkonflik atau malu karena telah melunasi rumah ibunya atau membelikannya mobil dengan uang dari hasil nge-band.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Tourette’s dari Nirvana

“Saya pikir alasan mengapa saya tidak merasa berkonflik secara pribadi adalah karena saya tahu band ini tidak melakukan apa pun di luar diri kami yang sebenarnya untuk mencapainya,” kata Dave Grohl kepada O’Brien.

NME baru-baru ini duduk bersama Krist Novoselic selaku pemain bas Nirvana untuk membicarakan tentang warisan dari album In Utero, di mana Novoselic membahas kemungkinan reuni Nirvana.

Krist Novoselic mengaku sempat berjanji tak ingin membawakan lagu Nirvana, terutama yang ada di album In Utero.

Baca juga: Hakim Tolak Gugatan Bayi di Sampul Album Nevermind Nirvana

“Saya ingin. saya selalu cinta. Ada suatu masa setelah Kurt Cobain meninggal ketika saya berkata pada diri sendiri, 'Saya tidak akan pernah memainkan lagu-lagu ini lagi'. Itu adalah bagian dari kesedihan yang saya alami. Kami tidak mau berlebihan, kami berusaha menjadikannya istimewa dan bersyukur,” tutur Krist Novoselic.

“Ketika ada kesempatan, kami melakukannya jika dirasa tepat. Sementara itu, kami hanya mengingat Kurt dan melakukan tugas kami,” tambah Krist Novoselic.

Baca juga: Bayi di Cover Album Nevermind Gugat Nirvana terkait Pornografi Anak

Nirvana juga akan merayakan ulang tahun ke-30 album In Utero yang penting tersebut dengan kembali merilisnya. Album ini, yang akan dirilis pada 27 Oktober, akan menampilkan lebih dari 50 lagu yang belum pernah dirilis dari band grunge terkenal asal Seattle ini.

Beberapa lagu yang ada di album In Utero sendiri adalah; “Heart-Shaped Box”, “All Apologies”, dan “Scentless Apprentice”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com