Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasihat Butet Kartaredjasa kepada Seniman Muda Teater Indonesia

Kompas.com - 21/10/2023, 06:34 WIB
Vincentius Mario,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seniman Butet Kartaredjasa memberi nasihat kepada generasi muda penerus ekosistem teater Indonesia.

Butet ingin generasi penerus teater Indonesia bisa memanfaatkan fasilitas berkesenian yang tersedia dengan baik.

"Manfaatkan seluruh fasilitas infrastruktur berkesenian sebaik mungkin. Jangan kawan-kawan seniman muda hanya berpetualang, seniman berpetualang yang inginnya hanya korupsi," kata Butet dalam konferensi pers di Graha Bakti Budaya, TIM, Jakarta Pusat, Jumat (20/10/2023).

"Memanfaatkan anggaran pemerintah masuk kantung pribadi itu jangan. Itu kejahatan. Jadi betul-betul dimanfaatkan," lanjutnya.

Butet mengatakan teater saat ini jauh lebih maju dibandingkan saat dulu dia dan kawan-kawan aktif menggelar pementasan rutin.

"Kalau dibandingkan zaman saya muda, sekarang jauh lebih baik. Sekarang fasilitas infrastuktur kesenian di setiap daerah relatif sudah ada, disiapkan oleh pemerintah," jelas Butet.

Butet menyebut ketersediaan dana hingga SDM juga saat ini sudah sangat lebih mudah didapatkan untuk memajukan ekosistem teater.

"Ekosistemnya sudah dibangun. Mengakses sumber dana relatif lebih mudah. Sekarang ada pendanaan dari Direktorat Kebudayaan yang dibagikan. Ada dana abadi yang setiap tahun bisa diakses untuk kegiatan berkesenian," ucap Butet.

"Itu tidak pernah ada di zaman saya. Hari ini jauh lebih baik," tutup Butet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com