Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butet Kartaredjasa Cemas Jelang Pementasan Teater Calon Lawan

Kompas.com - 20/10/2023, 21:00 WIB
Vincentius Mario,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendiri Indonesia Kita, Butet Kartaredjasa, mengaku cemas jelang pementasan Calon Lawan di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, pada 20 hingga 21 Oktober 2023.

Kecemasan Butet didasarkan pada perombakan TIM dan Graha Bakti Budaya yang jauh lebih maju dibanding terakhir kali dirinya tampil di venue yang sama.

"Ketika berubah seperti ini, kami cukup cemas. Kami sempat main di Ciputra Artpreneur, ini pertama kali kami main di Graha Bakti Budaya yang baru," kata Butet dalam konferensi pers di Graha Bakti Budaya, TIM, Jakarta Pusat, Jumat (20/10/2023).

Baca juga: Antar Ganjar-Mahfud Daftar ke KPU, Butet Kartaredjasa: Semangati agar Gigih Berkompetisi

Butet berterima kasih kepada pihak Jakpro selaku pemilik dan penyedia Graha Bakti Budaya TIM saat ini.

Indonesia Kita sama sekali tak dipungut biaya untuk mementaskan teater Calon Lawan.

"Ketika pada akhirnya saya mau main di sini, saya bertemu dengan direktur JakPro, dia berjanji kepada praktisi seni pertunjukan, bahwa fasilitas yang kami terima, kami tidak ditarik uang sewa untuk menggunakan tempat ini. Kami berterima kasih," tutur Butet.

Calon Kita mengusung lakon yang menyinggung pesta elektoral atau Pemilu 2024.

Baca juga: Pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara Dibuka dengan Dialog Butet Kartaredjasa dan Zie

“Sebentar lagi ramai pesta elektoral. Kita akan melihat kontestasi para pemimpin untuk mendapatkan panggung pemberitaan. Dan biasanya, pada saat seperti itulah, para pemimpin membutuhkan panggung seni sebagai bagian yang meramaikan panggung politik mereka," ujar sutradara Agus Noor.

Butet Kartaredjasa berharap Calon Lawan bisa jadi sarana pendingin bagi publik maupun para kontestan calon presiden sebelum maju berlaga.

"Calon Lawan sarana menyambut kontestasi Pemilu dengan santai, gembira, dan tentunya tetap kompak dalam perbedaan pilihan dan pendapat. Tidak perlu sampai harus berseteru di level horizontal. Marilah kita terus bersatu dalam kebhinekaan kita," ucap Butet.

Baca juga: Di Hadapan Sandiaga Uno, Butet Kartaredjasa Kritik Aturan Pertunjukan Seni Wajib Izin ke Polisi

Pertunjukan yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini membawa beberapa komedian dan aktor teater Tanah Air, yaitunCak Lontong, Akbar, Inaya Wahid, Marwoto, Wisben, Joned, Oppie Andaresta, Yu Ningsih, Mucle, Joel Kriwil, Sri Krishna Encik, dan Joind Bayuwinanda.

Calon Lawan rencananya digelar tepat pukul 19.30 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com