Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu Kala Sang Surya Jadi Soundtrack Gadis Kretek, Kamila Andini: Sangat Amat Magis

Kompas.com - 30/09/2023, 07:01 WIB
Cynthia Lova,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Kamila Andini membeberkan alasannya memilih lagu mendiang Chrisye berjudul “Kala Sang Surya” untuk menjadi soundtrack serial Gadis Kretek.

Di soundtrack serial ini, Nadin Amizah menyanyikan kembali “Kala Sang Surya” yang diciptakan oleh Guruh Soekarnoputra dan dirilis tahun 1978.

Kamila mengatakan, lirik lagu ini mampu merepresentasikan cerita dari serial Gadis Kretek ini.

“Aku juga big fans sama lagu ini jadi salah satu lagu legend yang kita punya di Indonesia. Cuma memang ini kan lirik kiasan tentang sepasang kekasih yang sedang kehilangan arah dan ini benar-benar merepresentasikan cerita di serial ini, yaitu Dasiyah dan Soeraja,” ujar Kamila dalam jumpa pers, di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (29/9/2023).

Baca juga: Alasan Kamila Andini Pilih Nadin Amizah Jadi Pengisi Soundtrack Gadis Kretek

Kamila mengatakan, lagu “Kala Sang Surya” diaransemen dengan sangat magis.

“(Nadin Amizah) menyanyikannya sangat amat magis dan dia melihatnya dari point of you orang ketiga,” ucap Kamila.

“Jadi seperti mengobservasi perjalanan sepasang kekasih ini di dalam nuansa yang puitis, tapi juga magis, tapi ada kekelaman juga di situ. Nah itu merepresentasikan banyak hal tentang serial ini yang sebenarnya,” lanjut Kamila.

Tidak hanya tentang keromantisan dari sepasang kekasih, tetapi juga perjalanan cinta yang tak mulus antara Dasiyah (Dian Sastrowardoyo) dan Soeraja (Ario Bayu) mampu tergambarkan dari lagu “Kala Sang Surya.”

Baca juga: Diminta Isi Soundtrack Gadis Kretek dengan Aransemen Lagu Chrisye, Nadin Amizah: Sempat Enggak Percaya

“Ada di titik-titik yang situasi politik di situ persaingan bisnis, ada banyak lika-liku yang membuat lirik ini menjadi metafora, menjadi semua perjalanan mereka dan kita memang pengin nuansanya semagis itu,” ucap Kamila.

Nadin Amizah juga turut bercerita tentang pengalamannya membawakan lagu tersebut. Ia merasa terhormat menyanyikan kembali lagu Chrisye ini.

“Berdasarkan diskusi dengan produser musik Ricky Lionardi dan Kamila Andini, kami tidak ingin mengubah lagu ini terlalu jauh dari versi aslinya dan saya diharapkan untuk bernyanyi dengan natural,” ujar Nadin Amizah.

Nadin Amizah mengatakan, saat menyanyikan kembali lagu "Kala Sang Surya," ia mengambil referensi dari sosok Chrisye sendiri.

Baca juga: Serial Gadis Kretek Akan Diputar di Busan International Film Festival 2023

“Ditambah menonton seluruh serialnya sehingga saya bisa lebih memahami ceritanya dan tahu dimensi seperti apa yang harus saya bawa ke lagunya. Di sini saya bernyanyi dengan kalem dan tenang, sehingga ketika dibawa ke Gadis Kretek menjadi pas dan nyanyian saya tidak overpower serial tersebut,” tutur Nadin Amizah.

Selain mengisi soundtrack, lagu Nadin berjudul “Kereta Ini Melaju Terlalu Cepat” juga akan ada di serial Gadis Kretek ini.

Gadis Kretek diangkat dari novel karya Ratih Kumala dan akan menampilkan lima episode.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com