Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RM BTS Beri Donasi Rp 1,1 Miliar untuk Dukung Pelatihan Para Ahli Forensik

Kompas.com - 28/09/2023, 10:26 WIB
Cynthia Lova,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

Sumber Allkpop

KOMPAS.com - Leader boy group BTS, RM, baru-baru ini mendonasikan 100 KRW atau Rp 1,1 miliar untuk Korean Society of Legal Medicine sebagai bentuk dukungannya untuk pelatihan profesional para ahli forensik.

Berdasarkan pernyataan Korean Society of Legal Medicine pada 27 September 2023, donasi ini diberikan RM melalui Dr. Lee Ho , seorang ahli forensik dan profesor di Universitas Nasional Chonbuk.

Sebagai informasi, RM mengenal Dr.Lee Ho di variety show tvN The Mysterious Dictionary of Useless Miscellaneous Human Knowledge.

Baca juga: RM BTS Mengaku Tak Cocok dengan Perawatan di Dokter Kulit

RM mendengar bahwa menjadi ahli forensik butuh proses yang panjang.

"Saya mendengar bahwa proses menjadi ahli forensik sangatlah sulit ," kata RM dikutip dari AllKpop, Kamis (28/9/2023).

"Saya berempati dengan pentingnya pengobatan hukum dan dengan tulus menghormati mereka yang berjalan di jalur ahli forensik untuk mencapai misi (tertentu)," lanjut RM.

Baca juga: Ulang Tahun Ke-29, RM BTS Beri Pesan untuk ARMY

RM berharap dengan donasi darinya bisa menjadi dukungan untuk para ahli forensik dan pengembangan Perkumpulan Kedokteran Hukum! Korea.

"Saya berharap dapat berkontribusi sedikit pun pada pengembangan dan dukungan para ahli forensik dan pengembangan Perkumpulan Kedokteran Hukum Korea," lanjut RM.

Saat ini, Korea Selatan dilaporkan hanya memiliki sekitar 60 ahli forensik yang aktif. 

Yang paling memprihatinkan adalah terbatasnya jumlah profesional medis yang ingin mengambil spesialisasi di bidang forensik. Biasanya yang mendaftar hanya 2 hingga 3 orang per tahun. 

Baca juga: RM BTS Ditunjuk sebagai Duta Kementerian Pertahanan Nasional Korea

Mengingat kelangkaan dokter spesialis vital tersebut, kontribusi RM diharapkan dapat memberikan dampak nyata dan bermakna.

Donasi yang diberikan RM akan digunakan untuk pengembangan bakat, penelitian akademis, dan peningkatan sistem kedokteran hukum oleh Korean Society of Legal Medicine.

Dengan donasi itu, para ahli forensik tersebut berencana untuk memberikan RM sebuah plakat penghargaan dan memberinya keanggotaan kehormatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com