Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Besar Koes Plus Larang Band T’Koes Bawakan Lagu-lagu Koes Plus

Kompas.com - 24/09/2023, 14:33 WIB
Ady Prawira Riandi,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keluarga besar grup musik Koes Plus resmi melarang band T’Koes membawakan karya-karya peninggalan mereka.

David Koeswoyo, Damon Koeswoyo, Rico, dan Sari Koeswoyo mengumumkan pelarangan itu di media sosial mereka pada Jumat, 22 September 2023.

“Kami menyatakan bahwa terhitung hari ini keluarga besar Koes Plus melarang dan tidak memberikan izin kepada band T’Koes untuk membawakan karya cipta dari keluarga besar Koes Plus dan segala sesuatu yang terkait dalam kegiatan bermusik dan atau dalam bentuk apapun baik komersil maupun non-komersil,” kata Sari Koeswoyo dikutip Kompas.com dari unggahan di Instagram, Minggu (24/9/2023).

Sari Koeswoyo melanjutkan keputusan itu diambil oleh keluarga untuk menjadi pembelajaran bagi band-band pelestari di Indonesia.

“Kami tidak tebang pilih. Hal ini kamu lakukan agar menjadi pembelajaran untuk kita semua serta khususnya band-band pelestari di manapun berada di seluruh Indonesia,” kata Sari.

@official.damonkoeswoyo Bismillah Hari ini jumat tgl 22 September 2023 Kami keluarga besar Koes Plus, saya David Koeswoyo mewakili kel Yon Koeswoyo, Damon Koeswoyo mewakili kel Tony Koeswoyo, Rico mewakili keluarga Murry, Sari Koeswoyo mewakili Yok Koeswoyo. Menyatakan bahwa terhitung sejak hari ini keluarga besar Koesplus melarang dan tidak memberikan izin kepada band TKoes untuk membawakan karya cipta dari keluarga besar Koes Plus dan segala sesuatu yang terkait dalam kegiatan bermusik dan atau dalam bentuk apapun baik komersil maupun non komersil. Kami tidak tebang pilih. Hal ini kami lakukan agar menjadi pembelajaran untuk kita semua, serta khususnya band² pelestari di manapun berada di seluruh Indonesia. #koesplus #koesbersaudara #koeswoyo #koeswoyoclan #murryfamily #tonnykoeswoyo #yonkoeswoyo #yokkoeswoyo #murrykoesplus ? original sound - damonkoeswoyo

Sebagai informasi, T’Koes adalah grup musik tribute yang selalu membawakan lagu-lagu Koes Plus.

Dalam kolom komentar di akun Instagram Davin, Sari Koeswoyo mengatakan penyebab utama pelarangan ini adalah soal etika dari T’Koes.

Sari juga menegaskan bahwa permasalahan ini sama sekali tak berhubungan dengan uang atau royalti.

“Ini bukan perkara uang atau royalti ya. Ini masalah yang berulang terkait attitude. Dan kesabaran kami sudah habis,” tulis Sari.

Namun Sari sendiri belum memberikan penjelasan lebih jauh soal etika T’Koes yang dimaksud.

Saat dihubungi Kompas.com, Sari mengatakan akan menggelar konferensi pers untuk penjelasan lebih jauh soal permasalahan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com