Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pestapora 2023 Hadirkan Genre Dangdut, Penyelenggara: Jadi Semacam Dessert yang Manis

Kompas.com - 18/09/2023, 19:27 WIB
Vincentius Mario,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival musik tahunan Pestapora kembali digelar mulai 22 hingga 24 September 2023 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menariknya, Pestapora tahun ini kembali menghadirkan sajian genre musik dangdut di line-up.

Ada beberapa artis musik dangdut yang hadir di event tersebut seperti Ndarboy Geng, Denny Caknan, Inul Daratista, Ayu Ting Ting, hingga Guyon Waton.

Baca juga: Masuk Lineup, Aldi Taher: Tungguin Aja di Pestapora 2023

Kiki Aulia Ucup selaku director festival menjelaskan alasan pihaknya menyelipkan dangdut di tiap episode Pestapora.

"Dulu saya terlibat di festival, sekarang di Pestapora. Festival itu jalan masuk dangdut ke festival kontemporer. Bisa dibilang sekarang jadi menu utama," kata Ucup dalam konferensi pers Pestapora bareng IM3 di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (18/9/2023).

"Kalau omongin sejauh mana, itu jadi pelampiasan orang. Justru orang mencari yang enggak mereka dapatkan setiap datang ke acara festival musik sebelumnya," lanjut Ucup.

Baca juga: Harga Tiket Pestapora 2023 dan Cara Belinya

Ucup mengamati, dangdut yang biasanya hanya bisa dinikmati di festival daerah, kini bisa menjadi sajian menarik di festival musik nasional.

"Biasanya kan kalau mau cari dangdut ya di festival musik di daerah kedua, di daerah tertentu atau di televisi kan. Nah, kalau omongin untuk saat ini, dangdut menjadi semacam dessert yang manis untuk mengakhiri festival musik kontemporer," ujar Ucup.

Ucup menambahkan, Pestapora tahun ini akan diramaikan dengan kehadiran 206 musisi lokal. Jumlah tersebut lebih banyak dari Pestapora tahun lalu dengan 176 musisi.

Baca juga: Aldi Taher Siap Tampil di Pestapora 2023 dengan Format Band

"Pestapora memang selalu mengejar beberapa experience yang berbeda. Tahun ini jelas beda banget dari tahun lalu ya. Lebih banyak musisi yang tampil dari 206, sebelumnya 176 dan areanya juga expansi," jelas Ucup

Ucup memperkirakan ada 30 ribu pengunjung yang hadir setiap hari selama Pestapora berlangsung.

"Tiket masih ada yang kami sediakan, perkiraannya rata-rata 30 ribuan (kapasitas) yang akan memadati Pestapora. Kalau tiket on the spot ya situasional, nanti kalau memang masih tersisa (space), kami jual di sana," ucap Ucup.

Baca juga: Pestapora Umumkan Lineup Pertama, Ada Aldi Taher hingga Duo Maia

Ada berbagai nama musisi yang bakal tampil di Pestapora 2023, di antaranya The Changcuters, Raisa, hingga penyanyi senior Vina Panduwinata.

Ada juga Yura Yunita, Tipe-X, Ungu, Pamungkas, Dewa 19 Ft Ello, Rizky Febian, The Changcuters, Raissa Anggiani, Ada Band, Fiersa Besari, Andra & Backbone, Ayu Ting Ting, dan masih banyak lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com