Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garin Nugroho Tak Masalah Karakter Ibnu Jamil di Kejarlah Janji Disebut Mirip Jokowi

Kompas.com - 16/09/2023, 07:19 WIB
Ady Prawira Riandi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Garin Nugroho tak mempermasalahkan jika ada orang yang menyebut karakter Janji Upaya (Ibnu Jamil) di film Kejarlah Janji disebut mirip Jokowi.

Dalam film tersebut pengembangan tokoh Janji Upaya digambarkan mirip dengan Jokowi termasuk ketika dihadapkan masalah tiga periode.

Garin Nugroho mengatakan, semua karakter di dalam film terbarunya ini merepresentasikan kondisi sosial politik terkini di Indonesia.

Baca juga: Cut Mini dalam Film Kejarlah Janji, karena Garin Nugroho dan Terpaksa Akting Bernyanyi

“Jadi ansambel tokoh ini akan mewakili representasi sosial politik yang tafsirannya itu kebebasan dari penonton. Misalkan Janji Upaya itu seperti Pak Jokowi, itu tidak masalah sama sekali,” kata Garin dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Jumat (15/9/2023).

Sutradara berusia 62 tahun itu bahkan secara terang-terangan mengatakan, konflik dalam Kejarlah Janji sengaja diambil dari isu sosial yang memang sedang panas.

Hal itu merupakan strategi agar cerita di dalam filmnya bisa lebih dekat dengan masyarakat.

Baca juga: Shenina Cinnamon Merasa Dapat Keluarga Baru dari Film Kejarlah Janji

“Tapi memang seluruh ansambel, perkembangan tokohnya, dan cerita harus dibangun dari kondisi sosial politik masyarakat yang sedang berlangsung hari ini termasuk isu-isunya,” tutur Garin.

Film Kejarlah Janji menceritakan Pertiwi (Cut Mini), perempuan tangguh dan mandiri yang menghidupi tiga orang anaknya, Adam (Bima Zeno), Sekar (Shenina Cinnamon), dan Isham (Thomas Rian) hingga mereka dewasa dan hidup di luar kota.

Suaminya meninggal setelah kalah dari pemilihan Kepala Desa melawan saingannya, Janji Upaya (Ibnu Jamil).

Baca juga: Akting Bernyanyi di Film Kejarlah Janji, Cut Mini: Suara Saya Enggak Enak

Anak-anaknya yang menganggap Janji Upaya sebagai penyebab ayah mereka meninggal pun menyimpan dendam.

Konflik ibu dan anak ini menjadi panas ketika Pertiwi berniat menikah lagi dengan Janji Upaya.

Kejarlah Janji diproduksi oleh KPU untuk menyambut Pemilu 2024 dengan tujuan membangun kesadaran bersama untuk menciptakan Pemilu damai, ajakan tidak golput, menggunakan hak pilih, membangun sikap toleransi, dan melawan politik uang.

Film ini akan tayang di bioskop dan diputar di berbagai ruang publik demi menyebarkan pesan-pesan di atas kepada masyarakat agar Pemilu 2024 berjalan lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com